dc.contributor.author | PRERMATA, Yolanda Reszie | |
dc.date.accessioned | 2023-04-13T02:09:10Z | |
dc.date.available | 2023-04-13T02:09:10Z | |
dc.date.issued | 2023-01-17 | |
dc.identifier.nim | 160210205055 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115177 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan permasalah yang ditemukan pada saat observasi awal yang di lakukan oleh peneliti pada anak kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023 yakni ditemukan permasalahan tentang kemampuan interpersonal anak yang kurang optimal meliputi (1) berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitarnya (teman dan guru); (2) bekerjasama dalam kegiatan kelompok; (3) menghargai teman; dan (4) berbagi dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis metode proyek terhadap kemampuan interpersonal anak usia dini kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest posttest design. Bentuk rancangan ini dilakukan melalui proses membandingkan hasil dari pretest atau sebelum diberikannya treatment metode proyek dengan hasil dari posttest atau setelah diberikannya treatment metode proyek. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 anak kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis metode proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan interpersonal anak usia dini kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni thitung sebesar 18,413 dengan nilai signifikansi 0,00 yang diartikan sebagai <0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. | en_US |
dc.description.sponsorship | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd
Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Metode Proyek | en_US |
dc.subject | Kemampuan Interpersonal | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Metode Proyek Terhadap Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini Kolempok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | taufik | en_US |