Show simple item record

dc.contributor.authorPAMBUDI, Rilo
dc.date.accessioned2023-04-12T06:29:28Z
dc.date.available2023-04-12T06:29:28Z
dc.date.issued2022-12-21
dc.identifier.nim180210302067en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115129
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 April 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerdasarkan permasalahan yang ada pada kelas X IPS 3 di SMAN 1 Glenmore yakni rendahnya Problem Solving Skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Berdasarkan hasil analisis permasalahan awal tingkat Problem Solving Skill peserta didik yang dilakukan di kelas X IPS 3 di SMAN 1 Glenmore, didapatkan hasil rata-rata 30,27, hasil rata-rata yang didapatkan tergolong rendah berdasarkan kriteria interpretasi kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, diperoleh fakta di lapangan dari data hasil wawancara analisis perfomansi terhadap pendidik, yaitu pendidik mata pelajaran Sejarah Indonesia menginginkan sebuah inovasi media pembelajaran yang berbasis android dengan rata-rata (M = 1,09; SD = 0,29). Pada hasil analisis kebutuhan peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik merasa aktivitas pembelajaran Sejarah Indonesia kurang interaktif dan menarik, dan guru mata pelajaran Sejarah Indonesia kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan rata-rata (M = 1,00; SD = 0,00). Berdasarkan data tersebut, terdapat solusi yang dapat diberikan, yakni dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan inovasi 3D berbasis android yang mampu meningkatkan Problem Solving Skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Menghasilkan produk berupa aplikasi Augmented Reality Card (ARCA) Situs Megalitik Pekauman Bondowoso berbasis Android pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X IPS 3 SMAN 1 Glenmore menggunakan model 4D yang telah tervalidasi oleh para ahli; (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Augmented Reality Card (ARCA) Situs Megalitik Pekauman Bondowoso berbasis Android dalam meningkatkan Problem Solving Skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan, diataranya; (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Hasil validasi media mencapai rating sebesar 3,68 dengan kualifikasi “Sangat Baik”, validasi ahli materi/isi bidang studi mencapai rating sebesar 3,67 dengan kualifikasi “Sangat Baik”, dan validasi ahli bahasa mencapai rating sebesar 3,73 dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil yang diperoleh pada uji pengguna terhadap pendidik mencapai rating sebesar 3,92 dan uji pengguna terhadap peserta didik mencapai rating sebesar 3,7 yang berarti pada tahapan uji pengguna media pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat Baik”. Uji efektivitas kelompok kecil di kelas X IPS 3 SMAN 1 Glenmore menunjukkan rata-rata sejumlah 0,98 yang tergolong dalam kualifikasi “Large Effect”, sedangkan pada uji kelompok besar menunjukkan rata-rata sejumlah 0,97 yang tergolong dalam kualifikasi “Large Effect”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan; (1) Media pembelajaran Augmented Reality Card (ARCA) berbasis android telah tervalidasi oleh para ahli, dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah; (2) Media pembelajaran Augmented Reality Card (ARCA) berbasis android dapat meningkatkan Problem Solving Skill peserta didik kelas X IPS 3 di SMAN 1 Glenmore.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Bambang Soepeno, M. Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Rully Putri Nirmala Puji, S. Pd., M.Ed.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAUGMENTED REALITY CARD (ARCAen_US
dc.subjectSITUS MEGALITIKen_US
dc.subjectPROBLEM SOLVING SKILLen_US
dc.titlePengembangan Media Augmented Reality Card (ARCA) Situs Megalitik Pekauman Bondowoso Berbasis Android Guna Meningkatkan Problem Sollving Skill Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesiaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Bambang Soepeno, M. Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rully Putri Nirmala Puji, S. Pd., M. Ed.en_US
dc.identifier.validatorKacung-4 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record