Show simple item record

dc.contributor.authorMARSELA, Honis
dc.date.accessioned2023-04-12T06:29:08Z
dc.date.available2023-04-12T06:29:08Z
dc.date.issued2023-01-17
dc.identifier.nim160210205034en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115128
dc.description.abstractAnak usia dini memiliki karakteristik dan kecerdasan yang berbeda setiap anak. Dimana kecerdasan tersebut meliputi kecerdasan linguistik, logika-matematika, kinestetik, musikal, intrapersonal, interpersonal, dan kecerdasan naturalis. Hal ini menjadi sebuah isyarat bahwa semua pihak perlu memahami akan pentingnya masa usia dini untuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan dengan pemberian rangsangan yang tepat untuk anak. permainan ular tangga dapat digunakan untuk proses belajar mengajar, permainan ini pada umumnya berupa sebuah bidak dengan ukuran 30cm x 30cm terdapat ular dan tangga yang dilengkapi dengan pion dan dadu. Berbeda halnya dengan alat permainan edukatif ular tangga yang terdapat pada penelitian ini, menggunakan matras puzzle warna dengan ukuran 160cm x 200cm terdapat perintah dalam setiap kotaknya sehingga anak dapat mengembangkan aspek perkembangan bahasa, sekaligus menyentuh aspek-aspek lain yang telah disesuaikan dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 137 Tahun 2014 tentang standart tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh alat permainan edukatif ular tangga terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 01 Mayang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, test, dokumentasi, analisis data kuantitatif. Pengambilan kesimpulan didasarkan pada analisis data dan observasi sebelum diberikan treatmen dan sesudah diberikan treatmen. Treatment dilakukan selama 4 kali pertemuan, dan selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis dengan uji t-paired sampel t-test menggunakan SPSS versi 17.0 dari hasil penelitian dapat diperoleh thitung sebesar 19.541 dengan nilai (p) signifikansi 0,00 yang berarti < 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari alat permainan edukatif ular tangga terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 01 Mayangen_US
dc.description.sponsorshipDr. Nanik Yuliati, M.Pd Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKECERDASAN LINGUISTIKen_US
dc.subjectPERMAINAN ULAR TANGGAen_US
dc.titlePengaruh Alat Permainan Edukatif Ular Tangga terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Pgri 01 Mayangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPG PAUDen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Luh Putu Indah Budyawati, S.Pden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record