dc.contributor.author | FADILLA, Fatma Nur | |
dc.date.accessioned | 2023-04-12T06:26:18Z | |
dc.date.available | 2023-04-12T06:26:18Z | |
dc.date.issued | 2022-12-01 | |
dc.identifier.nim | 170210204068 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115125 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 April 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Dalam belajar matematika siswa diharapkan dapat belajar bagaimana
menganalisis suatu permasalahan yang mendorongnya untuk berpikir pemecahan
masalah matematisnya yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah
kehidupan sehari-hari. Kemampuan menyelesaikan masalah yang ada dikehidupan
sehari-hari merupakan salah satu bagian dari kemampuan literasi matematis. Salah
satu materi yang ada dalam mata pelajaran matematika yaitu materi bangun datar..
Metode Discovery learning adalah model pembelajaran pemecahan masalah yang
akan dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan kemampuan
literasi matematika siswa yang mana dalam kemampuan ini siswa diharapkan
memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu masalah dalam kehidupan seharihari bangun datar sangat akrab dengan kita, yang mana siswa dapat belajar
mengenai bangun datar dari berbagai macam benda yang ada di sekitar kita. Dengan
demikian ada keterkaitan antara penerapan metode Discovery Learning dengan
kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh
Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika
Siswa SD kelas IV dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar di SDNU
Padomasan Jember.Berdasarkan rumusan masalah yang diuraikan, maka tujuan
dari penelitian ini yaitu, untuk menelaah ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan
model discovery learning terhadap kemampuan literasi siswa SD kelas IV dalam
menyelesaikan masalah bangun datar di SDNU Padomasan Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDNU Padomasan Jember. Jenis penelitian
yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
eksperimen dengan pola Quasi-Experimental Design. Instrumen penelitian yang
digunakan merupakan instrumest test yaitu pretest dan posttest yang sebelum
digunakan telah divalidasi oleh validator serta telah melaluiuji validitas dan reabilitas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.
Responden pada penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB yang berjumlah 48 siswa
dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa.
Pada tahap awal penelitian akan dilaksanakan pretest terlebih dahulu. Ratarata hasil pretest kelas IVA sebesar 66,04 dan kelas IVB sebesar 75,38 Kegiatan
selanjutnya yakni menerapkan model discovery learning pada kelas eksperimen dan
menerapkan model konvensional pada kelas kontrol. Selanjutnya dilaksanakan
posttest. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa rata-rata
posttest pada kelas kelas kontrol sebesar 74,58 dan pada kelas eksperimen sebesar
85,37 Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa t0 yang diperoleh 6,56, yang
kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikansi 5% dengan df = 23
menunjukkan ttabel sebesar 1,713. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui
bahwa t0 > ttabel (6,56 > 1,713) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes yaitu pre-test
dan posttest maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil
kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar
dalam penggunaan model discovery learning kelas IV SDNU Padomasan Jember
tahun ajaran 2021/2022. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Prof.Dr. M. Sulthon, M.Pd
Dosen Pembimbing Anggota : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL DISCOVERY LEARNING | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN LITERASI M ATEMATIKA | en_US |
dc.subject | MASALAH BANGUN DATAR | en_US |
dc.title | Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Kelas IV dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar di SDNU Padomasan Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-4 Januari 2023 | en_US |