Show simple item record

dc.contributor.authorSUTIPAH
dc.date.accessioned2013-09-23T03:51:17Z
dc.date.available2013-09-23T03:51:17Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM090210204195
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1149
dc.description.abstractSalah satu upaya untuk mengoptimalkan peran siswa adalah menggunakan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Kranjingan 05 yaitu (1) model pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah; (2) pembelajaran cenderung text book oriented; (3) kurang memanfaatkan media; (4) tidak melakukan pembelajaran bermakna; (5) kurang menggunakan model belajar yang bervariasi. Model Scramble merupakan model pembelajaran yang menggunakan permainan kata dan kalimat yang tersusun dalam rangkaian tabel atau kartu dengan pola random sehingga akan terangkai menjadi satu kesatuan yang berarti yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Model pembelajaran scramble menekankan pada kerjasama antar siswa dalam kelompok kecil untuk menganalisis suatu permasalahan berdasarkan pengalaman siswa. Media Gambar sebagai sarana pembelajaran agar siswa mudah menerima materi pelajaran. Rumusan masalah penelitin ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Kranjingan 05 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012 dalam pembelajaran IPA Pokok bahasn hewan dan jenis makanannya menggunakan model scramble disertai media gambar?; (2)Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kranjingan 05 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan hewan dan jenis makanannya menggunakan model scramble disertai media gambar? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan hewan dan jenis makanannya melalui model scramble disertai media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Kranjingan 05; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan hewan dan jenis makanannya melalui model scramble disertai media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Kranjingan 05. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kranjingan 05 kecamatan Sumbersari Jember. Penentuan subyek menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas IV. desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Kemmis dan Mc Taggrat, dengan tahap penelitian yang meliputi perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan melakukan refleksi (reflekstion). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan anallisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I peningkatan aktivitas siswa sebesar 48,64 % termasuk dalam kategori kurang sekali. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 70,50 % termasuk dalam kategori sangat aktif. Ada peningkatan sebesar 21,86 % dari siklus I ke siklus II; (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 43,24 % dengan 16 siswa yang tuntas dari 37 siswa, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 70,27 % dengan 26 siswa yang tuntas dari 37 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Kranjingan 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah sebagai masukan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat digunakan sebagai variasi dalam menyajikan materi, mengefektifkan interaksi antara guru dengan siswa sehingga suasana dalam kelas dapat hidup mengurangi metode konvensional serta Penggunaan model ini dapat memotivasi siswa untuk lebih berminat dalam mempelajari IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204195;
dc.subjectPENERAPAN MODEL SCRAMBLE DISERTAI MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL SCRAMBLE DISERTAI MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DAN DAUR HIDUP HEWAN DI SD NEGERI KRANJINGAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record