Show simple item record

dc.contributor.authorNUROKTAVIA, Riska
dc.date.accessioned2023-04-11T07:20:11Z
dc.date.available2023-04-11T07:20:11Z
dc.date.issued2022-12-21
dc.identifier.nim180210103125en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114963
dc.description.abstractPengembangan bahan ajar menjadi media penting untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, salah satu bahan ajar yang menarik dan interaktif untuk dikembangkan yaitu biomagazine. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar biomagazine yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil pengembangan berupa bahan ajar biomagazine pada materi sistem respirasi yang disajikan berbasis Brain-Based Learning (BBL) disertai video dan teka-teki silang. Kevalidan diperoleh melalui nilai rata-rata validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pengembangan serta ahli pengguna sebesar 86,89 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh melalui rerata nilai observasi kepraktisan pembelajaran sebesar 88,24 dengan kategori sangat praktis, uji keterbacaan sebesar 97,22 dengan kategori sangat mudah, dan kepraktisan respon siswa 88,45 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa selama tiga kali pertemuan berturut-turut dengan menggunakan uji N-gain sebesar 0,70; 0,70; dan 0,71 dengan kategori tinggi dan nilai peningkatan motivasi belajar ARCS siswa sebesar 92,01 pada indikator attention (perhatian), 92,43 pada indikator relevance (relevansi), 92,22 pada indikator confidence (percaya diri), dan 91,94 pada indikator satisfaction (kepuasan) dengan kategori sangat baik. Bahan ajar biomagazine yang telah dikembangkan dapat menjadi bahan ajar alternatif bagi guru dan siswa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di Indonesia.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si. and Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOMAGAZINE BERBARIS BRAIN-BASED LEARNING (BBL)en_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Biomagazine Berbasis Brain-Based Learning (BBL) pada Materi Sistem Respirasi disertai Video dan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorTAUFIKen_US
dc.identifier.finalizationTAUFIKen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record