ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu
informasi yang sedang berkembang selama ini. Informasi tersebut digunakan oleh
stakeholders untuk menilai apakah perusahaan telah berjalan sesuai ketentuan
mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan. Bank umum syariah yang
didasarkan pada dasar-dasar agama idealnya juga melakukan pengungkapan
corporate social responsibility, sebab bank umum syariah memiliki tanggung jawab
kepada Allah SWT, manusia, dan alam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
pengungkapan corporate social responsibility pada bank umum syariah di Indonesia.
Penelitian ini menguji 4 variabel independen yaitu ukuran (X
), ukuran dewan
komisaris (X
2
), umur (X
3
), profitabilitas (X
viii
4
1
) terhadap variabel dependen yaitu
pengungkapan corporate social responsibility bank umum syariah (Y). Sampel dalam
penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia pada
tahun 2007 sampai 2011.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa terdapat satu
variabel independen memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan tingkat signifikan 5%. Rincian sebagai
berikut: ukuran dengan nilai sig t sebesar 0,028; ukuran dewan komisaris dengan nilai
sig t sebesar 0,521; umur dengan nilai sig t sebesar 0,319; profitabilitas dengan nilai
sig t sebesar 0,643. Dapat disimpulkan bahwa hanya variabel ukuran yang
berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.