PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GAYAM 05 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan  hasil  belajar siswa kelas  V SDN  Gayam 05  Bondowoso 
Tahun Ajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS masih rendah. Rendahnya hasil 
belajar tersebut  disebabkan oleh beberapa faktor antara lain;  rendahnya minat 
siswa pada pelajaran IPS,  kondisi kelas yang selalu pasif. Salah satu model 
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut 
adalah strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, sehingga rumusan masalah 
yang muncul adalah “Bagaimanakah  penerapan strategi pembelajaran aktif  The 
Power Of Two dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS 
di  kelas V SDN  Gayam 05 Bondowoso Tahun  Ajaran 2011/2012?” dan 
“Bagaimanakah  penerapan strategi pembelajaran aktif  The Power Of Two  dalam 
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Gayam 
05 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012
Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar 
siswa  kelas  V  SDN  Gayam 05  Bondowoso  tahun  ajaran  2011/2012  melalui 
strategi pembelajaran aktif The Power Of Two. Pengambilan data dilaksanakan di 
SDN  Gayam 05  Bondowoso, dimulai pada tanggal  15  Agustus  2011 sampai 
dengan 29 November 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gayam 
05 bondowoso  tahun  ajaran  2011/2012 dengan jumlah  12  siswa, terdiri dari  6 
siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan.  
?”. 
Berdasarkan jenisnya,  penelitian  ini termasuk dalam  Penelitian Tindakan 
Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari  2 pertemuan.  Pengumpulan data 
menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang 
dikumpulkan berupa jawaban siswa  dalam  pra siklus, tes  akhir siklus I dan  tes akhir siklus  II,  hasil observasi  aktivitas  guru dan aktivitas  belajar  siswa selama 
proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, serta 
jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. 
Hasil  observasi  pada aktivitas  belajar  siswa  selama  proses  pembelajaran 
IPS dengan  strategi pembelajaran aktif  The Power Of Two  menunjukkan bahwa 
aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase  aktivitas belajar siswa 
secara klasikal pada siklus I  mencapai 51,11%,  dan pada siklus II mencapai 
61,11%, persentase tersebut  termasuk dalam kategori aktif.  Persentase aktivitas 
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. 
Berdasarkan hasil jawaban siswa pada  saat  pra siklus, ketuntasan belajar 
siswa secara klasikal adalah  41,67%, setelah pelaksanaan  siklus I,  ketuntasan 
belajar siswa  menjadi 66,67%, dan dalam  siklus II meningkat menjadi  83,33%. 
Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar  sebesar 
41.66% dari pra siklus ke siklus II dan 16,66% dari siklus I ke siklus II. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah  penerapan  pembelajaran dengan 
strategi  pembelajaran aktif  The Power Of Two  dalam pembelajaran  IPS  dapat 
meningkatkan  aktivitas  dan hasil  belajar siswa  kelas  V SDN  Gayam  05 
Bondowoso tahun ajaran 2011/2012. 
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran aktif 
The Power Of Two, maka saran yang dapat diberikan adalah: 
1.  Agar penerapan strategi The Power Of Two  dapat berjalan dengan baik, maka 
diperlukan  kesiapan guru dalam mengajar dan juga kemampuan guru dalam 
mengelola kelas; 
2.  Hendaknya motivasi diberikan secara aktif oleh guru kepada siswa untuk selalu 
berfikir kritis pada saat mereka berdiskusi dengan pasangan; 
3.  Bagi peneliti lanjut, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan 
untuk penelitian selanjutnya dalam hal pengembangan pendekatan dan model 
pembelajaran.
