Show simple item record

dc.contributor.authorFADILAH, Siti Ningrum Fadilah
dc.date.accessioned2023-04-10T07:06:53Z
dc.date.available2023-04-10T07:06:53Z
dc.date.issued2022-08-09
dc.identifier.nim150210402100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114785
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teknik persuasi pada iklan AQUA dan pemanfaatannya sebagai alternatif pembelajaran menulis paragraf persuasi. Teknik persuasi memuat tiga komponen yaitu ethos, pathos, dan logos. Ketiga komponen ditelaah dalam iklan AQUA untuk temukan struktur mempersuasi khalayak, sehingga bisa digunakan dalam proses pembelajaran yaitu menulis paragraf persuasi. Data yang digunakan dalan kajian ini adalah bahasa lisan dan tulis, gambar, dan gesture model iklan yang terdapat pada video iklan AQUA. Sumber data yang digunakan dalam kajian ini yakni video iklan yang didapat dari kanal Youtobe “SehatAQUA”. Hasil penelitian ini memuat Ethos, Pathos, dan Logos yang terdapat pada iklan AQUA yakni sebagai berikut. Ethos dalan iklan AQUA yakni kreadibilitas yang merujuk pada gesture, model, intonasi, dan nada penyampaian komunikator. Pathos dalam iklan AQUA berupa upaya dalam mengendalikan emosional dan perasaan pendengar. Logos dalam iklan AQUA memuat penggunaan bahasa, sistematika atau urutan cerita dalam beriklan, dan gaya komunikasi. Dengan adanya pemenuhan komponen-komponen tersebut, struktur persuasi dalam iklan “AQUA” mencakup pengendalian isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali. Oleh karena itu, temuan dalam Iklan AQUA dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran terkait bagaimana cara menulis paragraf persuasi.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Arju Muti'ah, M.Pd. Anita Widjajanti, S.S., M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectIklan, Teknik Persuasi, Menulis Paragraf Persuasien_US
dc.titleTeknik Persuasi Pada Iklan "AQUA" dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasien_US
dc.title.alternativeIklan, Teknik Persuasi, dan Menulis Paragraf Persuasien_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Muti'ah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record