• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DISERTAI MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 TEKUNG

    Thumbnail
    View/Open
    Tri Wulandari - 080210192045 (2)_1.pdf (735.3Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Tri Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, diketahui bahwa di kelas VII F SMP Negeri 1 Tekung terdapat permasalahan, yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas sebagai tindakan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas VII F dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media crossword puzzle. Crossword puzzle dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tekung melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media crossword puzzle, (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tekung setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media crossword puzzle. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas belajar fisika siswa, aktivitas guru dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar fisika siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas menyimak penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, keaktivan berdiskusi, kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan mengikuti permainan, kerjasama antar tim dan menjawab pertanyaan telah mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar fisika secara klaksikal sebesar 32,52%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar fisika secara klaksikal menjadi 60,08% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar fisika secara klaksikal menjadi 66,46%. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar fisika siswa sebesar 25%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar fisika siswa menjadi 61,11% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar fisika siswa menjadi 83, 33%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media crossword puzzle dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan menyenangkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11478
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository