Show simple item record

dc.contributor.authorAulia, Danisya
dc.date.accessioned2023-04-10T07:00:20Z
dc.date.available2023-04-10T07:00:20Z
dc.date.issued2022-05-17
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114774
dc.description.abstractDesa Kemiri merupakan salah satu desa di Kabupaten Jember yang memiliki beragam potensi atas dasar wilayah adminsitratif dan geografis yang diwujudkan dengan adanya unsur-unsur sosial, politis, pembagian wilayah, serta kultural masyarakat. Potensi tersebut ditunjukkan dengan ketersediaan sumber daya alam seperti lahan pertanian dan perkebunan. Selain itu, juga terdapat beragam produk olahan pangan milik UMKM seperti jamur tiram, keripik singkong, opak gulung, serta industri minyak atsiri yang juga menjadi keunggulan dari Desa Kemiri. Namun, beragamnya potensi dan keunggulan Desa Kemiri tersebut tidak didukung dengan kondisi masyarakat yang belum mampu mengelola potensi desa dengan optimal, sehingga mereka belum terakselerasi dalam ranah kompetensi yang dimiliki. Hal itu juga ditunjang dengan adanya permasalahan mengenai pemasaran terhadap produk UMKM yang belum masif dilakukan dan menyebabkan berkurangnya pendapatan yang diterima oleh masyarakat akibat minimnya produk yang terjual. Kemudian, masyarakat berinisiatif untuk mewujudkan desa wisata dan berupaya untuk mengembangkannya melalui berbagai strategi yang dilakukan serta melaksanakan upaya pengembangan masyarakat sebagai bagian integral dari implementasi pengembangan Desa Wisata Kemiri. Realitas dari pengembangan Desa Wisata Kemiri dilakukan melalui adanya partisipasi dan pengembangan masyarakat lokal di mana, hal tersebut linier dengan pendekatan Community Based Tourism (CBT) sebagai sebuah strategi yang digunakan dalam mewujudkan desa wisata berbasis masyarakat dalam ranah peran dan partisipasinya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk dapat mendeskripsikan dan menganalisis secara komprehensif mengenai strategi pengembangan wisata melalui pendekatan Community Based Tourism (CBT) serta mengetahui dan menganalisis mengenai tahapan pengembangan masyarakat yang dilakukan dalam menunjang pengembangan Desa Wisata Kemiri. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive area. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menetapkan informan pokok dan informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian, peneliti menentukan teknik analisis data secara sistematis diawali dengan tahap pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dalam melakukan keabsahan data dengan tujuan untuk mengetahui standar kreadibilitas dari eksplorasi data yang didapat di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pokdarwis dan masyarakat melakukan beberapa bentuk startegi pengembangan Desa Wisata Kemiri yang berkaitan dengan pendekatan Community Based Tourism (CBT). Strategi pengembangan wisata yang dilakukan diantaranya yakni mengelola potensi Desa Kemiri dengan memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam yang potensial. Kemudian melibatkan masyarakat dalam pengembangan wisata baik itu dalam hal perencanaan, pengelolaan, hingga pemberian suara atau pendapat dalam menetapkan suatu keputusan bersama. Lalu, strategi pengembangan wisata juga dilakukan melalui jalinan mitra yang dibangun dengan para stakeholder agar mendapat support dalam hal material maupun non material. Strategi lainnya yakni mempromosikan Desa Wisata Kemiri secara langsung (door to door) dan secara tidak langsung melalui platform media sosial. Kemudian, hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa terdapat upaya pengembangan masyarakat yang dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya yakni tahap persiapan (preparation), identifikasi masalah (assessment), perencanaan dan perumusan program, implementasi program dengan melakukan program optimalisasi pemasaran produk UMKM, peningkatan kapasitas masyarakat, serta program pendayagunaan potensi desa yang kemudian dilakukan tahap evaluasi.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Purwowibowo, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectstrategien_US
dc.subjectcommunity based tourismen_US
dc.subjectpengembangan wisataen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Wisata melalui Pendekatan Community Based Tourism (CBT) di Desa Wisata Kemiri (Studi Deskriptif di Desa WIsata Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.validatortaufiken_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record