dc.contributor.author | Sekar Tanjung, Anggi Wulan | |
dc.date.accessioned | 2023-04-10T06:24:23Z | |
dc.date.available | 2023-04-10T06:24:23Z | |
dc.date.issued | 2023-01-19 | |
dc.identifier.nim | 180210102016 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114740 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang
dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah
yang disertai dengan sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar
siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian Posttes-Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
SMAN 4 Jember tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini terpilih
dua kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu XI IPA 3
sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model
pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan
terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Terdapat pengaruh signifikan
model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber
lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Sumber Belajar Lingkungan, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 10 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |