Show simple item record

dc.contributor.authorSyifa’ Murtaja
dc.date.accessioned2013-12-20T08:34:58Z
dc.date.available2013-12-20T08:34:58Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210192207
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11471
dc.description.abstractPembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran yang lebih berpusat pada guru dari pada berpusat kepada kemampuan siswa, artinya guru masih mendominasi kelas, guru aktif menjelaskan, sedangkan siswa pasif dalam memperoleh pengetahuan Hal ini menyebabkan siswa tidak mengerti tujuan sebenarnya belajar fisika, sehingga proses pembelajaran jadi menjenuhkan. Salah satu alternatif untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu dengan menerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dengan metode percobaan dan kuis cerdas cermat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengkaji skor motivasi siswa dengan penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dengan metode percobaan dan kuis cerdas cermat lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika SMA Negeri 1 Balung kelas XI Pokok Bahasan: Fluida Statis, (2) Mengkaji hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dengan metode percobaan dan kuis cerdas cermat lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika SMA Negeri 1 Balung kelas XI Pokok Bahasan: Fluida Statis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan post-test control design. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area yaitu SMA Negeri 1 Balung. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas control pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Data diambil dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan uji t. Hasil analisis data untuk rumusan masalah yang pertama diperoleh nilai = 12,79 dan nilai = 1,99 ( ), sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima artinya bahwa skor motivasi kelas eksperimen lebih besar dari pada skro motivasi kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis jumlah skor rata-rata setiap indikator motivasi belajar siswa pada kelas ekperimen lebih besar dibandingkan dengan jumlah skor rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas kontrol. Hasil analisis data untuk rumusan masalah yang kedua diperoleh nilai = 5,89 dan nilai = 1,99 ( ), sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima artinya bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Skor motivasi siswa dengan penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dengan metode percobaan dan kuis cerdas cermat lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika SMA Negeri 1 Balung kelas XI Pokok Bahasan: Fluida Statis, dan (2) Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dengan metode percobaan dan kuis cerdas cermat lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika SMA Negeri 1 Balung kelas XI Pokok Bahasan: Fluida Statis. Dengan kata lain, penerapan pembelajaran ini terbukti dapat membuat siswa aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan selama pembelajaran. Meningkatnya motivasi belajar siswa selama pembelajaran dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210192207;
dc.subjectPAIKEM, Metode Percobaan, Kuis Cerdas Cermaten_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM DENGAN METODE PERCOBAAN DAN KUIS CERDAS CERMAT PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI 1 BALUNG KELAS XI POKOK BAHASAN: FLUIDA STATISen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record