PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya Pengaruh Kecerdasan
Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi di
Universitas Jember Fakultas Ekonomi Jurusan S1 Akuntansi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu dengan
cara pengambilan sampel menggunakan kriteria tertentu. Teknik pengolahan data
yang dilakukan, menggunakan Analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional
berpengaruh positif signifikan Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Perilaku Belajar
berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.