dc.contributor.author | PUTRI, Alfinda Rani | |
dc.date.accessioned | 2023-04-06T05:38:11Z | |
dc.date.available | 2023-04-06T05:38:11Z | |
dc.date.issued | 2022-12-02 | |
dc.identifier.nim | 180210204114 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114547 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 April 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan
di SD. Materi pada pembelajaran matematika berkaitan dengan operasi hitung pada
berbagai bilangan seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan.
Salah satu materi yang diajarkan pada pembelajaran matematika adalah pecahan.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru, masih ditemukan siswa
yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal materi pecahan terlebih soal
dalam bentuk cerita. Siswa kelas V saat ini mengulang kembali materi yang telah
diajarkan di kelas sebelumnya, akan tetapi data yang diperoleh kurang memuaskan.
Hal itu karena masih terdapat siswa yang salah dalam mengerjakan soal cerita
materi pecahan. Kesalahan tersebut mengindikasikan adanya kesulitan yang
dialami siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, persentase jumlah kesalahan total
siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 38,17% atau sebanyak 213 penggunaan
salah dari 558 total penggunaan. Hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa
dapat diketahui bahwa siswa tidak terbiasa mengerjakan soal cerita menggunakan
langkah-langkah yang lengkap seperti diketahui, ditanya, jawab, dan menuliskan
kesimpulan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (a) apa saja kesulitan siswa
kelas V SDN 2 Trigonco Kabupaten Situbondo dalam mengerjakan soal bentuk
cerita materi pecahan?; (b) apa saja faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa
kelas V SDN 2 Trigonco Kabupaten Situbondo dalam mengerjakan soal bentuk
cerita materi pecahan?; dan (c) bagimana upaya guru untuk menangani kesulitan
siswa kelas V SDN 2 Trigonco Kabupaten Situbondo dalam mengerjakan soal
cerita materi pecahan? Metode yang digunakan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam
mengerjakan soal cerita materi pecahan adalah menggunakan metode Newman.
Indikator kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita menurut Newman adalah
kesulitan membaca soal, kesulitan memahami soal, kesulitan transformasi,
kesulitan proses perhitungan, dan kesulitan penulisan jawaban. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian statistik deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini diperoleh dari
hasil tes dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
siswa mengalami kesulitan yakni (a) kesulitan membaca soal 20,67% dari 19 siswa;
(b) kesulitan memahami soal 70,08% dari 24 siswa; (c) kesulitan transformasi
15,60% dari 14 siswa; (d) kesulitan proses perhitungan 36,70% dari 27 siswa; (e)
kesulitan penulisan jawaban 57,14% dari 13 siswa. Faktor penyebab siswa
mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita materi pecahan adalah
kurangnya latihan membaca, siswa belum paham maksud dari soal, tidak paham
dalam menentukan konsep operasi hitung pecahan, terburu-buru dalam berhitung,
kurangnya latihan mengerjakan soal, dan tidak paham mengenai satuan yang
digunakan dalam soal.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber atau referensi bagi guru
untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi
pecahan, untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan
tersebut, serta sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan pembelajaran ke depannya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.
Dosen Pembimbing Anggota : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ANALISIS KESULITAN | en_US |
dc.subject | PECAHAN MENURUT TEORI NEWMAN | en_US |
dc.subject | MENGERJAKAN SOAL CERITA | en_US |
dc.title | Analisis Kesulitan dalam Mengerjakan Soal Cerita Materi Pecahan menurut Teori Newman pada Siswa Kelas V SDN 2 Trigonco Kabupaten Situbondo | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dra. Titik Sugiarti, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fajar Surya Hutama, S.Pd.,M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-30 Desember 2022 | en_US |