dc.contributor.author | ASTUTIK, Dewi Kusuma | |
dc.date.accessioned | 2023-04-06T04:48:50Z | |
dc.date.available | 2023-04-06T04:48:50Z | |
dc.date.issued | 2023-01-20 | |
dc.identifier.nim | 180210204303 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114534 | |
dc.description.abstract | Pendidikan termasuk dalam upaya secara sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah diupayakan. Pendidikan memiliki tujuan mengembangkan keahlian serta membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan standar pendidikan nasional ditekankan pentingnya keahlian serta kegemaran dalam membaca, menulis, kecakapan berhitung, serta keahlian berkomunikasi. Kecakapan berhitung dikembangkan melalui pelajaran matematika. Mengingat bahwa pendidikan matematika menjadi salah satu pembelajaran yang penting serta salah satu mata pelajaran yang haruslah dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik sejak SD, oleh karena itu perlu cara mengelola tahapan pengajaran matematika di SD yang tepat, sehingga matematika bisa dipahami dengan baik oleh peserta didik. Akar masalah dalam kelas ialah pembelajaran ceramah dan penugasan yang kurang efektif sehingga rasa ingin tahu serta minat peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran kurang.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran adalah suatu keharusan. Tindakan yang perlu dilakukan ialah diperlukan model pembelajaran yang mampu melibatkan keahlian siswa secara optimal. Penelitian memfokuskan menggunakan model Project Based Learning. Project Based Learning ialah model pembelajaran yang menggunakan proyek/aktivitas sebagai inti pembelajaran. Langkah-langkah pelaksanaannya ialah: (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) menyusun perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) monitoring, (5) menguji hasil, serta (6) evaluasi pengalaman. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Nuriman, Ph.D
Agustiningsih, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PROJECT BASED LEARNING | en_US |
dc.subject | AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK | en_US |
dc.title | Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang SDN 1 Bimorejo | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Nuriman, Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |