Show simple item record

dc.contributor.authorSATRIA, Aldho Bagus
dc.date.accessioned2023-04-06T04:39:23Z
dc.date.available2023-04-06T04:39:23Z
dc.date.issued2022-11-30
dc.identifier.nim181910501033en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114531
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 6 April 2023en_US
dc.description.abstractBandar udara merupakan kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas Bandar udara merupakan kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas tertebtu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas. Bandar Udara Notohadinegoro merupakan salah satu Bandar Udara yang terletak di Kabupaten Jember. Bandar udara ini salah satu Bandar Udara di Indonesia yang difungsikan sebagai tempat kegiatan alih moda transportasi. Adanya moda transportasi ini lebih memudahkan untuk penumpang dapat beralih dari tempat satu ketempat lain dalam waktu yang lebih efisien. sehingga perlu adanya pengembangan Bandar udara baik dari segi kinerja fasilitas Bandar Udara maupun dari pelayanan. Pengembangan perencanaan Bandar Udara Notohadinegoro perlu dilakukan untuk meningkatkan peningkatan pengoperasian bandar udara. Hal ini didukung dengan beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten jember dalam bidang pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan menstrategikan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana agar dapat memberi kenyamanan dan keamanan kepada setiap pelanggan di Bandar Udara Noto Hadinegoro di Kabupaten Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan metode IPA dan SWOT dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengunjung Bandar Udara Notohadinegoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dimana diambil dari perhitungan yang dihasilkan oleh jumlah responden pelanggan Bandar Udara Notohadinegoro. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden dengan beberapa kriteria. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan menggunakan startegi matriks EFAS IFAS. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, pengamatan secara langsung, kuesioner dan wawancara, serta data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan pembagian kuesioner secara langsung kepada stakeholder dengan periode pengisian 31 Mei 2022 – 6 Juli 2022. Metode analisis yang digunakan adalah analisis IPA dan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) data pelanggan Bandar Udara Notohadinegoro Jember terakhir beroperasi pada tahun 2019, dikarenakan pada tahun 2020 memasuki masa pandemi dimana pelanggan untuk menaiki pesawat berkurang drastis. 2) Pandemi covid-19 yang menyebabkan menurunnya operasional Bandar Udara Notohadinegoro Jember. 3) Kepemilikan lahan Bandar Udara Notohadinegoro yang masih belum sepenuhnya dimiliki oleh Bandar Udara Notohadinegoro. 4) Kualitas pelayanan sarana dan prasarana bandara masih banyak yang harus diperbaiki. 5) Kualitas potensi pelayanan sarana dan prasarana bandara masih kurang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.en_US
dc.description.sponsorshipIr. Nunung Nuring Hayati, S.T., M.T. Ir.Rindang Alfiah, S. T.,M.Ten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectIPAen_US
dc.subjectBANDAR UDARAen_US
dc.subjectSTRATEGIen_US
dc.subjectPERSEPSIen_US
dc.subjectPERENCANAAN WILAYAH DAN KOTAen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan di Bandar Udara Notohadinegoro Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Perencanaan Wilayah dan Kotaen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Nunung Nuring Hayati, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir.Rindang Alfiah, S. T.,M.T.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record