dc.description.abstract | Dalam mencapai tujuan pembelajaran, maka di kelas guru perlu
melaksanakan penilaian. Penilaian dapat memberikan motivasi pada peserta didik
agar semangat dalam belajar, memotivasi guru dalam memperbaiki kualitas
pembelajaran dan mendorong pihak sekolah untuk melakukan peningkatan
fasilitas serta kualitas pembelajaran untuk peserta didik (Latif, 2019). Penilaian
juga merupakan aspek penting bagi guru sebagai bahan acuan bagi guru
memperbaiki strategi atau metode pembelajaran. Hal tersebut merupakan tujuan
utama asesmen yaitu kegiatan mengumpulkan data berkaitan dengan proses
pembelajaran mengenai kemampuan dan hambatan yang dirasakan oleh peserta
didik untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Asesmen yang
dikembangkan adalah asesmen formatif yang akan melibatkan peserta didik dalam
penilaiannya. Ada dua macam bentuk asesmen formatif yakni asesmen tidak
tertulis (diskusi kelas, drama, produk, presentasi, dan tes lisan) dan asesmen
tertulis (refleksi, jurnal, esai, poster, tes tertulis). Pada penelitian ini menggunakan
bentuk asesmen tertulis berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda.
Rumusan masalah penelitian ini ialah : (1) bagaimana hasil validasi ahli
terhadap soal asesmen formatif sejarah lokal materi perjuangan rakyat Lumajang
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949) pada mata
pelajaran sejarah kelas XI SMA semester genap?; (2) bagaimana hasil analisis
kualitas butir soal asesmen formatif sejarah lokal materi perjuangan rakyat
Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949) 1949) dan agar peserta didik dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya pada
materi sejarah lokal perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan
kemerdekaan Indonesia (1945-1949).
Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA Negeri
Klakah sejumlah 27 peserta didik. Jenis penelitian ialah penelitian pengembangan
(research and development). Desain penelitian menggunakan model Borg and
Gall. Metode pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara pada
guru, dan tes pada peserta didik. Analisis data menggunakan program SPSS versi
24 dan ANATES versi 4.2.
Hasil penelitian menunjukkan: Validasi oleh ahli materi sebesar 94%
dengan kualifikasi sangat baik, ahli penilaian sebesar 75% dengan kualifikasi
baik, ahli bahasa sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil
analisis butir soal yaitu hasil uji validitas 85% soal valid dan 15% soal tidak valid,
hasil uji reabilitas dengan koefisien alpha 0.928, hasil uji tingkat kesukaran
terdapat 37,5% soal indeks kesukaran sukar, dan 52,5% soal dengan indeks
kesukaran sedang, dan 10% soal dengan indeks kesukaran mudah, hasil uji daya
pembeda terdapat 2,5% soal dengan daya pembeda jelek, 7,5% soal dengan daya
pembeda cukup, 62,5% soal dengan daya pembeda tinggi, dan 27,5% soal dengan
daya pembeda sangat tinggi, serta hasil uji efektivitas pengecoh terdapat 95% soal
dengan kategori baik, 5% soal dengan kategori kurang baik.
Kesimpulan hasil penelitian: Produk soal asesmen formatif materi
perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
Indonesia (1945-1949) kelas XI di SMA Negeri Klakah telah di validasi oleh ahli
materi, ahli penilaian, dan ahli bahasa. Setelah dilakukan uji coba dan analisis
terhadap peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri Klakah memiliki kualitas
yang baik dan dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Rekomendasi dari
penelitian ini diharapkan produk asesmen formatif dapat membantu guru dalam
membuat soal HOTS pada materi sejarah lokal, serta diharapkan peserta didik
dapat mengukur kelebihan dan kekurangannya pada materi sejarah lokal serta
dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
adalah untuk mengembangkan asesmen formatif sejarah lokal materi perjuangan
rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945- | en_US |