PENERAPAN STRATEGI KWL DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN CURAHPOH 02 BONDOWOSO
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso
Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan
ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam masih rendah. Rendahnya hasil
belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran
yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/
media jarang sekali digunakan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat
digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi pembelajaran KWL,
sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah penerapan strategi
KWL yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa
kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso? dan “Bagaimanakah penerapan strategi
KWL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas
IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso?”
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi
pembelajaran KWL. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Curahpoh 02
Bondowoso, dimulai pada tanggal 2 November 2011 sampai dengan 02 Desember
2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun
pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12
siswa perempuan.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan
Kelas
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS
dengan strategi KWL menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai
66,00%, dan pada siklus II mencapai 76,00%, persentase tersebut termasuk dalam
kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar
10,00% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar
siswa secara klasikal adalah 30,00%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar
siswa menjadi 65,00%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 90,00%. Ketuntasan
belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 60% dari pra
siklus ke siklus II dan 25% dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan strategi
pembelajaran KWL, dalam pembelajran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam
memanfaatkan sumber daya alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. Saran
peneliti berdasarkan hasil penelitian, melalui penerapan strategi pembelajaran KWL
dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa.