Show simple item record

dc.contributor.authorTrias Meiertanti
dc.date.accessioned2013-12-20T08:10:35Z
dc.date.available2013-12-20T08:10:35Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM090210204181
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11435
dc.description.abstractBerbicara adalah suatu alat untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang disusun serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan sang pendengar atau penyimak (Tarigan, 1990:15). Sehubungan dengan pengertian berbicara yang mempunyai tujuan untuk mengkomunikasikan gagasan pembicara kepada pendengar, maka kemampuan berbicara sangat penting dan perlu untuk dilatih. Di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 berdasarkan Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, terkait dengan pembinaan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia mempunyai salah satu tujuan yaitu, melatih siswa mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan dan fakta-fakta dengan cara menanggapi suatu persoalan atau peristiwa. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa kemampuan berpendapat pada siswa kelas V masih sangat kurang optimal. Dalam pembelajaran dengan pokok bahasan cerita rakyat, siswa tidak mampu berpendapat mengapa siswa menyukai salah satu tokoh dalam cerita. Selain itu, selama ini guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan tanggapannya atau pendapatnya. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, dalam penelitian ini mengangkat permasalahan: (1) bagaimanakah penerapan pendekatan komunikatif dengan menggunakan teknik debat, (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa berpendapat setelah penerapan pendekatan komunikatif dengan menggunakan teknik debat. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan komunikatif dengan menggunakan teknik debat, (2) meningkatkan kemampuan siswa berpendapat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, menunjukkan 1) penerapan pendekatan komunikatif dengan menggunakan teknik debat yang dapat meningkatkan kemampuan berpendapat semakin mengalami perbaikan dari siklus 1 ke siklus 2. Pengajar telah memberikan motivasi dan pesan moral pada kegiatan penutup, kemampuan pengajar dalam menjelaskan aturan debat telah meningkat dan suara pengajar dapat terdengar jelas oleh siswa, kemampuan pengajar melaksanakan evaluasi telah meningkat, siswa telah mampu berpendapat tanpa membaca catatan setelah siswa mendapat kesempatan untuk melakukan latihan berbicara, 2) peningkatan kemampuan berpendapat setelah penerapan pendekatan komunikatif dengan menggunakan teknik debat yaitu sebagian besar siswa sudah menatap lawan bicaranya ketika berpendapat, ketuntasan belajar secara klasikal sudah mengalami peningkatan dari 76,9% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2 dan kemampuan siswa berpendapat dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2, siswa yang termasuk dalam kualifikasi baik dari 3 siswa menjadi 7 siswa, siswa yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik dari tidak ada siswa menjadi 2 siswa, siswa yang termasuk dalam kualifikasi kurang dari 3 siswa menjadi tidak ada siswa yang termasuk dalam kualifikasi kurang. Berdasarkan hasil penelitian maka, perlu diperhatikan hal- hal sebagai berikut: 1) guru hendaknya lebih bervariasi dalam memilih serta menggunakan metode atau teknik dengan mengacu pada pendekatan yang tepat serta lebih banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk berpendapat, 2) siswa hendaknya terus berlatih berpendapat dan membiasakan diri menggunakan pilihan kata yang tepat dengan bahasa yang santun serta diharapkan terus mengasah kemampuan berpikir dan bernalar serta terus memperluas wawasan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204181;
dc.subjectKomunikatif dengan Menggunakan Teknik Debaten_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DEBAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEMIREN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record