dc.contributor.author | AULIA, Hafidhotul | |
dc.date.accessioned | 2023-04-04T06:39:15Z | |
dc.date.available | 2023-04-04T06:39:15Z | |
dc.date.issued | 2022-10-10 | |
dc.identifier.nim | 180210303037 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114305 | |
dc.description.abstract | Buku teks geografi yang menjadi pegangan utama bagi peserta didik dalam proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang tertuang dalam kurikulum yang sedang berlaku dengan mengintegrasikan keterampilan abad 21 dan keterampilan berpikir spasial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi keterampilan abad 21 dan keterampilan berpikir spasial pada buku teks geografi kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian berupa buku teks geografi kelas X SMA/MA terbitan Erlangga karangan Yasinto Sindhu P. tahun 2016. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks mengintegrasikan keterampilan abad 21 sebesar 83% dengan kriteria sangat baik, dan mengintegrasikan keterampilan berpikir spasial dengan kriteria rendah. Sebanyak 50% soal pada buku teks terintegrasi sebagai soal non-spatial, 95% soal dalam buku teks tidak menggunakan alat representasi serta 55% soal termasuk dalam proses penalaran input. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | buku teks, keterampilan abad 21, keterampilan berpikir spasial | en_US |
dc.title | Integrasi Keterampilan Abad 21 dan Keterampilan Berpikir Spasial pada Buku Teks Geografi Kelas X SMA/MA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sri Kantun, M.Ed. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 4 April 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |