Show simple item record

dc.contributor.authorTriana Indrasti
dc.date.accessioned2013-12-20T08:07:12Z
dc.date.available2013-12-20T08:07:12Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210204114
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11429
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo03 disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 39,02%. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu: Permainan kartu kwartet merupakan variasi pembelajaran yang dilakukan secara santai dan menyenangkan dengan melibatkan siswa secara aktif yang mengandung kreatifitas dan imajinasi, strategi ini dipadukan dengan diskusi sehingga siswa dapat secara aktif mencari keterkaitan dengan lingkungan tempat tinggal. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Harjomulyo 03Jember, dimulai pada tanggal 24 Oktober 2011 sampai tanggal 5 November 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 anak, terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 selama proses penerapan pembelajaran melalui media permainan kartu kwartet yaitu sebesar 16,8%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 66,66 % dan 81,06 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 Jember selama proses pembelajaran melalui media permainan kartu kwartet sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui media permainan kartu kwartet dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 tahun pelajaran 2011/2012, sehingga diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran melalui permainan kartu kwartet. Saran dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui per mainan kartu kwartet dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204114;
dc.subjectKartu Kwartet Kompetensi Dasar Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alamen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PERMAINAN KARTU KWARTET KOMPETENSI DASAR AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI SDN HARJOMULYO 03 KECAMATAN SILO KABUPETEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record