Show simple item record

dc.contributor.authorSUSANA, Fera Angelia
dc.date.accessioned2023-04-04T03:03:13Z
dc.date.available2023-04-04T03:03:13Z
dc.date.issued2022-11-07
dc.identifier.nim170910202025en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114240
dc.description.abstractPerkembangan bisnis di Indonesia telah berkembang dengan pesat. Hal tersebut dapat diketahui dari banyaknya jenis usaha yang mulai berkembang, salah satunya yaitu bisnis di bidang kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang semakin berkembang adalah kedai kopi. Jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, hal tersebut menunjukkan peningkatan hampir 3 kali lipat dibandingkan pada tahun 2016 yang hanya berjumlah 1000 gerai. Persaingan bisnis ini menuntut pelaku usaha untuk terus berinovasi dan berkembang demi memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen hingga terjadi sebuah keputusan pembelian. Keputusan pembelian sendiri adalah tindakan pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dengan mempertimbangkan berbagai hal untuk membeli sebuah produk dengan beberapa pilihan yang ada. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh bauran pemasaran seperti harga, promosi, produk, dan tempat. Sumber Makmur Kopi merupakan kedai kopi yang berada di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Sumber Makmur Kopi memiliki rating 4.8 yang lebih unggun dibandingkan kedai kopi sejenis, namun Sumber Makmur Kopi mengalami fluktuatif omset penjualan. Sehingga penelitian ini ingin menguji apakah harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Sumber Makmur Kopi Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen Sumber Makmur Kopi yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan tipe sampel nonprobability sampling dengan metode accidental sampling dengan kriteria responden merupakan customer yang datang langsung, memesan, dan melakukan pembayaran serta responden dengan minimal berusia 17 tahun. Jumlah sampel pada penelitian ditentukan dengan menghitung jumlah indikator dikali dengan 5 tingkat derajat kesalahan, pada penelitian ini sampel berjumlah 65 responden yang diperoleh dari 13 indikator dikali 5 derajat tingkat kesalahan.pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengujian instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan uji T ( parsial) dan uji F (simultan). Hasil uji T menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Sumber Makmur Kopi Jember dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Sumber Makmur Kopi Jember. hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Sumber Makmur Kopi Jember. Hasil uji koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini memperoleh nilai (R2) sebesar 0,603 yang berarti bahwa besarnya pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen ialah sebesar 60,3% sedangkan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Didik Eko Julianto, M.AB Drs. Suhartono, MPen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectHARGAen_US
dc.subjectPROMOSIen_US
dc.subjectKEPUTUSAN PEMBELIANen_US
dc.titlePengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Sumber Makmur Kopi Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Bisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Didik Eko Julianto M.ABen_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Suhartono M.Pen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record