• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR- SHARE (TPS) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SDN WRINGINAGUNG 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Tri Eko Setiyaningsih_1.pdf (132.3Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    TRI EKO SETIYANINGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu bentuk peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN Wringinagung 02 yaitu (1) guru menggunakan metode ceramah; (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran; (3) dalam kegiatan belajar mengajar guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dan berpartisipasi pada saat proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok secara perpasangan. Think- Pair- Share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi. Seorang siswa belajar dari teman, dari siswa lain dan saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Media gambar sebagai sarana pembelajaran agar siswa mudah menerima materi pelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Share (TPS) menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IVB SDN Wringinagung 02 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember?; (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Share (TPS) menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB semester gasal SDN Wringinagung 02 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Share (TPS) menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas IVB di SDN Wringinagung 02; (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think- Pair- Share (TPS) dengan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas IVB semester gasal di SDN Wringinagung 02. Penelitian ini dilakukan di SDN Wringinagung 02 kecamatan Jombang kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian menggunakan metode purposive sampling area yaitu di kelas IVB dengaan jumlah siswa 28 yang terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 15 siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru kelas IVB. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Perolehan data dalam penelitian ini menggunakaan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I adalah 49,29% menjadi 69,52% dan dan aktivitas siswa pada siklus II yaitu 78,10%. (2) Hasil belajar prasiklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasaan belajar 42,86% menjadi 60,71% pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 71,43%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Wringinagung 02 Jember pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru harus dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Siswa lebih aktif, dapat bekerja dengan kelompok dan tidak malu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Bagi peneliti dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11422
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository