• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Mustika Sari_1.pdf (191.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Dwi Utari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas VII-B SMP Negeri 14 Jember, diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dikarenakan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yakni kesalahan teorema, kesalahan penggunaan data, dan kesalahan teknik. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMP tersebut adalah metode ceramah. Pembelajaran metematika realistik merupakan pembelajaran matematika yang menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model, menggunakan kontribusi siswa, interaktif, dan integrasi dengan topik lainnya, dalam proses pembelajaran siswa mengkonstruksi, membuat model matematika, dan saling membantu pekerjaan atau tugas akademik teman sekelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, kecenderungan jenis kesalahan, aktivitas, dan efektivitas pembelajaran Matematika Realistik untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 37 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian yaitu kelas VII-B memiliki kemampuan siswa yang heterogen dan sebagian besar siswa kelas VII-B banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Metode pengumpulan data antara lain tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 November sampai 1 Desember 2011. viii Proses penelitian diawali tes pendahuluan dengan bahan kajian implementasi operasi hitung bentuk aljabar yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum pembelajaran. Pembelajaran Matematika Realistik dilakukan 2 siklus. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan langkah 1 memahami masalah kontekstual, langkah 2 menjelaskan masalah kontekstual, langkah 3 menyelesaikan masalah kontekstual, langkah 4 membandingkan dan mendiskusikan jawaban siswa, dan langkah 5 menyimpulkan. Berdasarkan hasil analisa tes pendahuluan diketahui bahwa siswa melakukan jenis kesalahan penggunaan data sebesar 8,1%, kesalahan teorema sebesar 11,9%, kesalahan teknik sebesar 6,5%, dan kesalahan lain sebesar 64,3%. Sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes akhir 1 yakni kesalahan penggunaan data sebesar 4,3%, kesalahan teorema sebesar 40%, kesalahan teknik sebesar 3,2%, dan kesalahan lain sebesar 10,3%. Diperoleh kesimpulan bahwa pada tes pendahuluan, siswa cenderung melakukan jenis kesalahan lain. Dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes akhir 2 yakni kesalahan penggunaan data sebesar 3,8%, kesalahan teorema sebesar 20%, kesalahan teknik sebesar 3,2%, dan kesalahan lain sebesar 9,7%. Hasil analisis data aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan rata-rata adalah aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 61,8%, dan siklus 2 mencapai 72,5%. Berdasarkan analisa data pada hasil tes siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan soal persamaan linier satu variabel, siswa cenderung melakukan kesalahan teorema. Pada siklus 2 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 36,5% dengan kata lain pembelajaran matematika realistik cukup efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11417
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository