PENERAPAN METODE PERMAINAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATERI PERKALIAN SDN SUCI 02 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Matematika adalah salah satu bidang ilmu yang memegang peranan penting
bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hampir dapat dipastikan bahwa
setiap pendidikan ilmu memakai Matematika dalam penyelesaian dan
pengembangannya, misalnya ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan semua
bidang ilmu yang erat kaitannya dengan Matematika. Dalam kehidupan sehari-hari
Matematika sering dipakai sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan matematis
yang secara praktis membutuhkan hitung menghitung.
Di sekolah, mata pelajaran Matematika mendasari mata pelajaran lain
terutama yang berkaitan langsung dengan pemakaian pola pikir yang sangat
menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Oleh
karena itu, membiasakan siswa berpikir matematis menjadi suatu keharusan yang
tidak bisa di tawar lagi.