• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VA SDN PATRANG 02 JEMBER SEMESTER GASAL 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Susi Novitasari_1.pdf (79.86Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    SUSI NOVITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya kualitas pendidikan matematika dapat disebabkan kurang tepatnya metode pembelajaran yang dipakai oleh guru, karena hal ini dapat berakibat terhadap aktivitas siswa. Metode pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada operasi hitung bilangan bulat. Penelitian dilaksanakan di SDN Patrang 02 Jember dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VA. Jenis penelitian ini adalh penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here pada operasi hitung bilangan bulat, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here pada operasi hitung bilangan bulat ini berjalan sesuai dengan teori yang diharapkan, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi siswa tetapi juga masih ditemukan beberapa kendala dalam penerapannya antara lain siswa masih asing terhadap pembelajaran ini, dan mereka terbiasa dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga butuh adaptasi terlebih dahulu. Penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here aktivitas siswa yang dinilai yaitu memperhatikan penjelasan, keaktivan bertanya, pengerjaan lembar soal, bekerja kelompok, presentasi dan aktivitas tutor. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tutor selama proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 68,17%, aktivitas tutor 82,22%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 73,33%, aktivitas tutor 83,52%. Siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 78,06%, aktivitas tutor 88,89%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 86,88%, aktivitas tutor 92,22%. Analisis hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,52%, sedangkan siklus II mencapai 87,10%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajara tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika, hal in dikarenakan penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat ditunjukkan dari meningkatnya keaktifan siswa selama proses belajar. Kesimpulan dari penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VA di SDN Patrang 02 Jember pada setiap siklus. Adapun saran hendaknya penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11406
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository