PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VA SDN PATRANG 02 JEMBER SEMESTER GASAL 2011/2012
Abstract
Rendahnya kualitas pendidikan matematika dapat disebabkan kurang
tepatnya metode pembelajaran yang dipakai oleh guru, karena hal ini dapat
berakibat terhadap aktivitas siswa. Metode pembelajaran tutor sebaya dengan
strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran yang dapat
meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a
teacher here, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada operasi hitung
bilangan bulat.
Penelitian dilaksanakan di SDN Patrang 02 Jember dengan subyek
penelitian adalah siswa kelas VA. Jenis penelitian ini adalh penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan
kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran
tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here pada operasi hitung
bilangan bulat, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung
aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tutor
sebaya dengan strategi everyone is a teacher here pada operasi hitung bilangan
bulat ini berjalan sesuai dengan teori yang diharapkan, hal ini ditunjukkan dengan
meningkatnya prestasi siswa tetapi juga masih ditemukan beberapa kendala dalam
penerapannya antara lain siswa masih asing terhadap pembelajaran ini, dan
mereka terbiasa dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga
butuh adaptasi terlebih dahulu.
Penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher
here aktivitas siswa yang dinilai yaitu memperhatikan penjelasan, keaktivan
bertanya, pengerjaan lembar soal, bekerja kelompok, presentasi dan aktivitas
tutor. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tutor selama proses
pembelajaran serta hasil belajar siswa. Siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa
mencapai 68,17%, aktivitas tutor 82,22%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai
73,33%, aktivitas tutor 83,52%. Siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai
78,06%, aktivitas tutor 88,89%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 86,88%,
aktivitas tutor 92,22%. Analisis hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
64,52%, sedangkan siklus II mencapai 87,10%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajara tutor
sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat dijadikan sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran matematika, hal in dikarenakan penerapan
pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here berdampak
positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat
ditunjukkan dari meningkatnya keaktifan siswa selama proses belajar.
Kesimpulan dari penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi
everyone is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika kelas VA di SDN Patrang 02 Jember pada setiap
siklus. Adapun saran hendaknya penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan
strategi everyone is a teacher here dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran
matematika sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.