Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Mustika Sari
dc.date.accessioned2013-12-20T07:54:40Z
dc.date.available2013-12-20T07:54:40Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210191142
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11403
dc.description.abstractBerdasarkan observasi di lapangan, Guru matematika kelas X SMK Muhammadyah 1 Genteng menjelaskan keadaan siswa kelas X APK 1, dan diketahui bahwa 1) ketuntasan hasil belajar siswanya masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini ditunjukkan oleh nilai ulangan harian sebelumnya kelas X APK 1, dimana dari 39 siswa, sebanyak 17 siswa (43,59%) dinyatakan tuntas belajar dan mendapat nilai ≥ 65, sedangkan 22 siswa lainnya (56,41%) dinyatakan tidak tuntas karena mendapat nilai ≤ 65. Hal ini berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam mengikuti pembelajaran, yaitu minimal memperoleh nilai ≥ 65; 2) rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas X APK 1, hal ini dapat terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya pasif mendengarkan penjelasan guru dan menyalin apa yang tertulis di papan tulis saja. Salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping. Tujuan yang ingin dicapai pada penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping adalah: mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tenik mind mapping, mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping, serta mengetahui ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model skema Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan viii refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadyah 1 Genteng yang berjumlah 39 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diambil meliputi aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa. Data tersebut diambil pada saat pembelajaran berlangsung, yaitu pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Analisis pengambilan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada pembelajaran secara klasikal untuk siklus I sebesar 62,56%, 70,86% dan 73,93%. Sedangkan pada siklus II sebesar 77,25%, 87,42% dan 84,83%. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar siswa masih belum mencapai standar yang ditentukan dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67%. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan dalam kerja kelompok serta ketepatan dalam mengerjakan soal dan membuat catatan dengan menggunakan teknik mind mapping. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh sebesar 87,18%. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping mampu meningkatkan aktivitas siswa dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK Muhammadyah 1 Genteng. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik mind mapping sebaiknya dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas pada saat pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier, tetapi harus dipilih materi yang sesuai agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191142;
dc.subjectKOOPERATIF DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIERen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SISWA KELAS X APK 1 SEMESTER GANJIL SMK MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record