Show simple item record

dc.contributor.authorAMAILIANA, Febi Silvi
dc.date.accessioned2023-03-30T02:35:21Z
dc.date.available2023-03-30T02:35:21Z
dc.date.issued2022-11-14
dc.identifier.nim180910201006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114030
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Kepala Desa Lojejer, Mohamad Sholeh, S.H., M.Si mengatakan bahwa begitu banyak keluhan terkait pengurusan Adminduk di masyarakat, sering terjadinya praktek pungli dan itu yang sering memberatkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Adminduk, sehingga dari kondisi tersebut, Pemerintah Desa Lojejer mengambil sikap dengan membentuk Satgas Adminduk dimana petugas ini turun langsung ke masyarakat sebagai layanan jemput bola (“Ini Alasan Kuat Kades Di Jember Ini Bentuk Tim Satgas Adminduk, 2020”). Pemerintah Desa Lojejer mengupayakan sebuah pelayanan administrasi kependudukan untuk memberikan solusi dari semua permasalahan administrasi kependudukan yang dikeluhkan oleh masyarakat dengan menciptakan sebuah pelayanan administrasi kependudukan dengan konsep jemput bola melalui satgas adminduk yang ditetapkan dalam “Keputusan Kepala Desa Lojejer Nomor:141/10/35.09.11.01/2021 tentang Koordinator dan Satgas Adminduk Desa Lojejer” pada tanggal 5 April 2021. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun (2015) pasal 225 ayat 2 tentang Desa yang menjelaskan bahwa “Desa berkewajiban memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa”. Tugas pokok Satgas Adminduk yaitu memberikan pelayanan administrasi kependudukan dengan mendatangi kediaman masyarakat, merekap data permohonan pelayanan administrasi kependudukan yang diajukan oleh masyarakat, mengurus permohonan pembuatan dokumen masyarakat secara online melalui whatsaap yang disediakan oleh Dispendukcapil Jember, serta mendistribusikan dokumen yang telah selesai kepada pemohon.Pemerintah Desa Lojejer membentuk Satgas Adminduk dengan beberapa tujuan. Pertama, untuk memberikan solusi bagi permasalahan masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan. Kedua, untuk menghindari dan memutus mata rantai pungli. Ketiga, untuk menghindari adanya prosedur pelayanan adminsitrasi kependudukan yang rumit. Keempat, agar setiap kepentingan masyarakat mengenai dokumen kependudukan dapat terpenuhi. Kelima, untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat. Berdasarkan permasalahan awal pelayanan administrasi kependudukan di Desa Lojejer hingga diciptakan sebuah pelayanan administrasi melalui Satgas Adminduk dan mengindikasikan adanya dampak baik atas pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan, maka peneliti ingin membuktikan tingkat “Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe deskriptif, termasuk jenis penelitian univariat (satu variabel) dan dalam satu waktu penelitian (cross sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Lojejer yang mengajukan permohonan pelayanan administrasi kependudukan melalui Satgas Adminduk pada tahun 2021, yaitu berjumlah 1.203 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden, yang ditetapkan berdasarkan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling) dengan menggunakan undian. Teknik Pengumpulan data melalui dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Kuesioner penelitian ini terdiri dari 20 item pernyataan. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas menurut Sutrisno (dalam Nabila, 2020), yang terdiri atas lima indikator, yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, distribusi frekuensi dan kelas interval. Hasil perhitungan data menggunakan bantuan SPSS 2022 menunjukkan bahwa persentase pilihan jawaban setuju dan sangat setuju menghasilkan jumlah sebesar 94,95%. Berdasarkan acuan standar efektivitas menurut Litbang Depdagri (dalam hartanto 2018), tingkat efektivitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dikategorikan sangat efektif dengan persentase 94,95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependuduka melalui Satgas Adminduk di Desa Lojejer sangat efektif dilaksanakan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Anwar, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKANen_US
dc.subjectDESA LOJEJER KECAMATAN WULUHANen_US
dc.subjectEFEKTIVITASen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Supranoto, M.Si., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Anwar, M.Sien_US
dc.identifier.validatorkacung-16 Desember 2022en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 30 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record