| dc.description.abstract | Salah satu bentuk peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan 
mengimplementasikan  model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan 
pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN wirowongso 01  yaitu (1) metode 
mengajar yang digunakan guru kurang bervariasi; (2)  guru  jarang  menggunakan 
media pembelajaran.  Model  Pembelajaran  tipe  Make a Match  (mencari pasangan) 
merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan metode 
pembelajaran diskusi kelompok secara perpasangan.  Make a  Match  (mencari 
pasangan) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi. 
Seorang siswa belajar  dari siswa lain dan saling menyampaikan idenya untuk 
didiskusikan dalam suatu kelompok. Media kartu yang terdiri dari kartu jawaban dan 
kartu pertanyaan  sebagai sarana pembelajaran agar siswa mudah  mengikuti proses 
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match (mencari pasangan). 
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1)  bagaimanakah meningkatkan 
aktivitas  pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya 
Setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan)  di 
SDN Wirowongso 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012?.  (2)  bagaimanakah 
meningkatkan hasil pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan 
Budaya Setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe  Make a Match  (mencari 
pasangan)  di SDN Wirowongso 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan dari 
penelitian ini adalah (1)  Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam 
pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui  model pembelajaran  tipe  Make a  Match  (mencari pasangan) di SDN 
Wirowongso 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. (2) 
Untuk meningkatkan  hasil  belajar siswa  kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok 
bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui model pembelajaran 
tipe  Make a Match  (mencari pasangan) di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung 
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. 
Penelitian ini dilakukan di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung  
Kabupaten Jember. Penelitian subyek menggunakan metode purposive sampling area 
yaitu di kelas IV dengaan jumlah siswa 48 yang terdiri dari 29 siswa laki- laki dan 19 
siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV. Desain penelitian yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan 
tahapan penelitian tindakan yang  meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan 
mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian 
ini  menggunakaan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisi data 
yang digunakan yaitu analisi data kualitatif. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  hasil  aktivitas  siswa 
mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II serta adanya peningkatan hasil 
belajar dari siklus I ke II.  Kesimpulan dari penelitian  ini yaitu  bahwa model 
pembelajaran  tipe  make a match  (mencari pasangan)  dapat meningkatkan hasil 
belajar  siswa  kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku 
bangsa dan budaya setempat  di    SDN  Wirowongso 01  Jember Tahun Pelajaran 
2011/2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah  guru harus dapat menggunakan 
pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembelajaran  untuk 
mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Siswa 
lebih aktif, dapat bekerja dengan kelompok.  Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat 
digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Bagi 
peneliti dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan 
dalam meningkatkan kualitas pendidikan. | en_US |