Show simple item record

dc.contributor.authorDEDEK LESTARI
dc.date.accessioned2013-12-20T07:52:44Z
dc.date.available2013-12-20T07:52:44Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210191165
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11399
dc.description.abstractDari hasil wawancara dengan guru bidang studi di SMP Negeri 1 Jenggawah diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Jenggawah masih rendah. Hal ini disebabkan siswa belum memahami dan masih kesulitan dalam mempelajari matematika karena sistem pembelajaran yang tidak memberikan kesempatan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan authentic assessment merupakan pembelajaran siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual serta penggunaan semua indera yang meliputi mengerjakan LKS dengan menggunakan alat peraga, mencatat hal penting yang disampaikan guru serta diskusi selama menyelesaikan LKS. Setelah itu siswa diberikan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menggunakan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment) yang tidak hanya menilai dari aspek hasil akhir pembelajaran, namun juga meninjau dari aspek proses dan kinerja siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas dan ketuntasan hasil belajar teorema pythagoras setelah penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan Authentic Assessment. Pada penelitian ini, ada 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Mengenai waktu pelaksanaan siklus I yaitu tanggal 6 sampai tanggal 7 Desember 2011 yang terdiri dari 1 pertemuan pemberian materi dan 1 pertemuan pemberian tes. Untuk pelaksanaan siklus II, dimulai dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 10 Desember 2011 yang terdiri dari 2 pertemuan pemberian materi dan 1 pertemuan pemberian tes. viii Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMPN 1 Jenggawah tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 36 siswa. Alasan pemilihan kelas karena mempunyai siswa dengan tingkat kemampuan yang bervariasi. Metode pengumpulan data antara lain dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dapat berjalan dengan lancar walaupun mempunyai beberapa kendala diantaranya pada aktivitas bertanya (auditori dan intelektual) dan menggunakan alat peraga (somatis) sehingga memerlukan bimbingan secara khusus pada siswa-siswa tertentu. Pembelajaran ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain dapat menciptakan suasana belajar yang menarik, meningkatkan kreativitas siswa dan dapat membangkitkan kecerdasan siswa melalui penggabungan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual. Sedangkan kekurangannya adalah guru sedikit merasa kesusahan dalam menggabungkan ke empat komponen pendekatan SAVI secara utuh dan memerlukan biaya yang cukup besar untuk pengadaan media pembelajaran matematika. Aktivitas siswa pada siklus 1 memiliki kategori cukup aktif dengan persentase rata-rata 63%. Adanya bimbingan pada kelompok-kelompok tertentu mempengaruhi keaktifan siswa pada siklus 2. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas siswa pada siklus 2 menjadi 79,83% dengan kategori aktif. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan SAVI dengan authentic assessment dapat meningkatkan aktivitas siswa. Ketuntasan belajar siklus 1 untuk nilai kognitif secara klasikal mencapai 50% sedangkan siklus 2 mencapai 100% dengan rata-rata 83,59. Untuk nilai afektif pada siklus 1, ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 36,11% sedangkan pada siklus 2 mencapai 91,67%. Untuk nilai psikomotor pada siklus 1, ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 27,78% sedangkan pada siklus 2 mencapai 91,67%. Dari hasil persentase pada siklus II dan berdasarkan kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan maka hasil belajar siswa tersebut dikategorikan tuntas. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran Teorema Pythagoras menggunakan pendekatan SAVI dengan authentic assessment mencapai ketuntasan hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191165;
dc.subjectSAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DENGAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORASen_US
dc.titleENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DENGAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 JENGGAWAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record