dc.contributor.author | HIDAYAH, Hilda Hari | |
dc.date.accessioned | 2023-03-29T06:37:52Z | |
dc.date.available | 2023-03-29T06:37:52Z | |
dc.date.issued | 2022-11-25 | |
dc.identifier.nim | 150210205103 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113954 | |
dc.description.abstract | Keterampilan proses sains adalah keterampilan yang harus dikembangkan
pada peserta didik. Penerapan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains
secara nyata mampu meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik terutama
dalam hal penguasaan keterampilan proses sains. TK Kartika IV-73 Jember telah
menerapkan keterampilan proses sains bagi peserta didiknya. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah Implementasi Keterampilan Proses
Dasar Sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023?”
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan Implementasi Keterampilan Proses Dasar sains Kelompok B di
TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan
kunci yaitu guru kelas dan anak kelompok B dan informan pendukung yaitu
Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Keterampilan Proses Dasar
sains kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember tahun ajaran 2022/2023 telah
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sains yaitu mengamati,
mengklarifikasi, memprediksi, merencanakan percobaan, mengkomunikasikan
hasil percobaan. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode
bercakap-cakap, tanya jawab, bercerita, bereksperimen dan bermain dengan
evaluasi yang dilakukan guru adalah pengamatan langsung, mencatat hasil kerja
anak, menyimpulkan hasil kerja anak, ucapan, pertanyaan anak, dan dokumentasi.
Lingkungan belajar yang telah direncanakan oleh guru sesuai dengan kebutuhan
anak, pengaturan ruangan kelas yang menarik, rapi, dan cukup luas serta penataan
alat main yang bervariasi. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran keterampilan proses dasar sains di TK Kartika IV-73 Jember adalah sarana serta
peralatan eksperimen yang beragam, kompetensi dan keterampilan guru, serta
ruangan kelas yang cukup luas dan menarik. Namun demikian, terdapat
hambatan-hambatan dalam implementasinya seperti rasio guru dan anak belum
seimbang, persiapan guru, dan manajemen waktu guru saat proses eksperimen. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing I : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.
Dosen Pembimbing II : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN | en_US |
dc.subject | PROSES DASAR SAINS | en_US |
dc.subject | KELOMPOK B DI TK KARTIKA IV-73 | en_US |
dc.title | Implementasi Keterampilan Proses Dasar Sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-30 November 2022 | en_US |