• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP MARKET VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN KELOMPOK BARANG-BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA

    Thumbnail
    View/Open
    56_01.pdf (49.84Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    FAIZAH RIZQA AZIZ
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul “Pengaruh Economic Value Added terhadap Market Value Added pada perusahaan kelompok barang-barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh EVA terhadap MVA pada perusahaan kelompok barang-barang konsumsi yang terdaftar di BEI dan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan hasil analisis kinerja EVA dan MVA pada perusahaan kelompok barang-barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2003-2005. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian empirik yang menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang akan diteliti dan termasuk ke dalam jenis penelitian pengujian hipotesis (Hypothesis Testing). Populasi penelitian adalah perusahaan kelompok barang-barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Penelitian ini diperlukan data-data yang berupa laporan keuangan perusahaan, yaitu data yang berbentuk laporan keuangan perusahaan, yaitu data yang berbentuk dokumen. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari Bursa Efek Indonesia, internet dan data base pasar modal Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, analisis korelasi, analisis regresi linear dan uji t serta uji t-two sample. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisa regresi linear menghasilkan bahwa EVA dengan koefisien regresi sebesar 1,682 dengan tingkat signifikansi 0,142 menunjukkan bahwa EVA tidak berpengaruh secara signifikan terhadap MVA pada kelompok perusahaan komsumsi yang listed di BEI. Hal ini menunjukkan berarti investor menganggap bahwa EVA tidak relevan dalam mengukur kinerja perusahaan barang konsumsi yang dicerminkan oleh nilai MVAnya. Hasil pengujian dengan uji t-two samples mean difference menunjukkan secara statistik ada perbedaan antara hasil kinerja EVA tahun 2003 dengan EVA tahun 2004 dan hasil kinerja EVA tahun 2004-2005 serta hasil kinerja MVA tahun 2003 dengan MVA tahun 2004 dan hasil kinerja MVA tahun 2004-2005. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa EVA tidak berpengaruh terhadap MVA serta ada perbedaan hasil kinerja EVA dan hasil kinerja MVA selama periode penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11365
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository