dc.contributor.author | TYAS, Desy Aningrum | |
dc.date.accessioned | 2023-03-27T02:57:33Z | |
dc.date.available | 2023-03-27T02:57:33Z | |
dc.date.issued | 2022-09-28 | |
dc.identifier.nim | 160210402054 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113523 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tindak tutur komisif dalam debat capres-cawapres 2019. Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur komisif yang terdapat dalam debat capres-cawapres 2019 (2) mengetahui modus tindak tutur komisif yang digunakan dalam debat capres-cawapres 2019. Metode penelitian yang diguanakn yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori dari Searle. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokuymentasi dan teknik pemgamatan. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur yang diindikasikan sebagai tindak tutur komisif pada peristiwa debat capres-cawapres 2019 beserta konteksnya, yang berupa tindak tutur komisif berniat, berjanji, mengancam dan menawarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan data sebanyak 35 data, yaitu: tindak tutur komisif berniat, tindak tutur komisif berjanji, tindak tutur komisif mengancam, tindak tutur komisif menawarkan, dan modus tindak tutur komisif. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Tindak tutur komisif | en_US |
dc.subject | modus | en_US |
dc.subject | debat capres 2019 | en_US |
dc.title | Tindak Tutur Komisif pada Debat Capres Cawapres 2019 Putaran Pertama dan Implementasinya dalam Pembelajaran Debat di Sma Kelas X | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Rudhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Anita Widjajanti, S.S., M.Hum. | en_US |
dc.identifier.validator | Arin | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 27 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |