Show simple item record

dc.contributor.authorRUMIATI
dc.date.accessioned2023-03-24T06:33:16Z
dc.date.available2023-03-24T06:33:16Z
dc.date.issued2021-04-12
dc.identifier.nim170210102029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113407
dc.description.abstractKearifan lokal telah beresiko hilang seiring perkembangan globalisasi karena dianggap berbeda antara pengetahuan lokal dan ilmu sains. Globalisasi budaya yang berkembang pesat perlu adanya antisipasi untuk memperkuat identitas kebudayaan lokal yang terdapat dalam masyarakat. Kearifan lokal adalah pengetahuan khas milik suatu budaya tertentu yang telah berkembang lama sebagai bentuk hasil dan proses hubungan timbal balik antara masyarakat dengan lingkungannya. Apabila ditelaah lebih lanjut pengetahuan lokal berkaitan erat dengan ilmu sains terutama dalam pembelajaran fisika. Salah satu kearifan lokal yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah permainan tradisional Egrang. Permainan ini banyak dijumpai diseluruh penjuru Nusantara. Keberagaman yang dimiliki di setiap daerah, seharusnya dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran agar peserta didik mudah merespon kejadian-kejadian di lingkungan sekitar, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, pendidik harus bisa memberi aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal baik secara nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep gaya gesek pada permainan tradisional Egrang; mendeskripsikan usaha dan energi pada permainan tradisional Egrang; mendeskripsikan kesetimbangan benda tegar pada permainan tradisional Egrang, dan merancang buku ajar fisika pada permainan tradisional Egrang. Permainan tradisional Egrang merupakan permainan yang menggunakan bambu sebagai tumpuan untuk berjalan dan merupakan warisan yang bersifat turun temurun. Permainan Egrang selain mengandung nilai keuletan, kerja keras, keberanian, dan sportivitas juga terdapat konsep fisika yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data observasi dilakukan secara langsung di lapangan dengan mengamati permainan tradisional Egrang yang dimainkan oleh tiga orang pemain sesuai dengan variabel penelitian. Variabel penelitian yang digunakan yaitu perbedaan tinggi pijakan Egrang, posisi lengan pemain Egrang, jenis lantai, dan massa pemain Egrang yang berbeda-beda. Pengumpulan data wawancara dilakukan kepada dua pemain Egrang, orang tua dan anak-anak di masyarakat Tegal Boto Lor, Kelurahan Sumberdari, Jember. Pengambilan data dokumentasi dilakukan selama observasi berlangsung. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan langkah; (1) mereduksi data hasil observasi dan wawancara; (2) menyajikan data dalam bentuk teks deskriptif; serta (3) menarik kesimpulan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada permainan tradisional Egrang terdapat beberapa konsep fisika khususnya konsep gaya gesek, usaha dan energi, serta kesetimbangan benda tegar. Konsep gaya gesek ditunjukkan dengan Egrang dapat berjalan dan tidak terjadi slip saat berjalan. Hal ini disebabkan adanya kontak atau sentuhan antara alas Egrang dengan permukaan lantai yang menghambat gerak benda. Konsep fisika usaha dibuktikan gaya F yang bergerak terhadap bidang horisontal sejauh r dari posisi awal adalah 𝐹. 𝑟. Konsep energi kinetik dibuktikan dengan terjadinya gerak pada Egrang yang disebabkan oleh gaya F dan dipengaruhi oleh kelajuan Egrang. Energi potensial terlihat pada perbedaan ketinggian pijakan Egrang, dan kesetimbangan benda tegar dibuktikan oleh pemain dapat berdiri dan berjalan di atas tumpuan Egrang yang disebabkan oleh ∑ 𝐹 = 0 dan ∑ 𝜏 = 0. Bahan pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah rancangan buku ajar fisika dengan pokok bahasan materi gaya gesek, usaha dan energi, serta kesetimbangan benda tegar. Rancangan buku ajar ini dilengkapi dengan contoh soal dan latihan soal yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika berkaitan dengan etnofisika pada permainan tradisional Egrangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKonsep Fisikaen_US
dc.subjectPermainan Tradisionalen_US
dc.subjectEgrangen_US
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.titleAnalisis Konsep Fisika pada Permainan Tradisional Egrang sebagai Bahan Pembelajaran Fisikaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Prof. Dr. I. Ketut Mahardika, M. Sien_US
dc.identifier.validatorYden_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 24 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record