Show simple item record

dc.contributor.authorRICKE MEGA FEBRILIA
dc.date.accessioned2013-12-20T07:26:42Z
dc.date.available2013-12-20T07:26:42Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210192138
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11336
dc.description.abstractFisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, peserta didik dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam proses belajar mengajar. Namun fakta yang terjadi menunjukkan bahwa fisika masih diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil observasi dan wawancara awal pada bulan November 2011 dengan guru fisika MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan guru. Berdasarkan analisa data observasi awal terdapat 29% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 18% siswa aktif bertanya; dan 23% siswa aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 23,33%. Selain rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa kelas VIIIC juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil ulangan harian, dari 31 siswa terdapat 38,7% atau 12 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 61,3% atau 19 siswa mendapatkan nilai <70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Eksperimen Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII C Putri MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo. Rumusan masalahnya: (1) apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, (2) Apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa, (3) Apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (3) meningkatan karakter siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen berbasis karakter. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII C putri MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo pada tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Aktivitas memperhatikan penjelasan guru meningkat dari siklus I 67,74%, sedangkan pada siklus II meningkat sedikit menjadi 80,62%. Aktivitas bertanya meningkat dari 25,80% pada siklus I menjadi 32,26% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan soal meningkat dari 25,80% siswa pada pra siklus menjadi 80,64% pada siklus I dan meningkat menjadi 90,32% pada siklus II. Sedangkan, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 77,4% menjadi 87,1%. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Eksperimensis Berbasis Karakter dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntantasan hasil belajar serta karakter di MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192138;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Metode Eksperimen Berbasis Karakter, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII-C PUTRI DI MTs. BADRUL ARIFIN KAPONGAN SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record