dc.contributor.author | ANUGRAHINI, Melina Fitri | |
dc.date.accessioned | 2023-03-21T08:14:22Z | |
dc.date.available | 2023-03-21T08:14:22Z | |
dc.date.issued | 2022-11-21 | |
dc.identifier.nim | 180210303040 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113366 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Maret 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)
merupakan pengembangan dari pembelajaran kontekstual dimana dengan
menggunakan model pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menanamkan
konsep kepada siswa dengan siswa diajak untuk menemukan konsep yang
dipelajari, bekerjasama dan menerapkan konsep tersebut yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari serta mentransfernya dalam bentuk konsep baru. Model
pembelajaran tersebut tidak hanya memberikan pengajaran terkait konsep dan
fakta namun juga mengarahkan siswa untuk menemukan makna dalam
pembelajaran yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga model
pembelajaran REACT dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran REACT terhadap
kemampuan berpikir spasial siswa.
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Kandat menunjukan bahwa
kemampuan berpikir spasial siswa belum berkembang dengan baik karena
penggunaan media pembelajaran untuk merangsang kemampuan berpikir spasial
siswa yang masih kurang diterapkan di sekolah tersebut berdampak pada
rendahnya kemampuan berpikir spasial siswa, padahal kecerdasan spasial sangat
membantu peserta didik seperti yang sudah diuraikan sebelumnya. Penyebab
rendahnya kemampuan berpikir spasial siswa dikelas salah satunya yaitu
pemanfaatan model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar masih menggunakan model pembelajaran langsung yang menempatkan
guru sebagai subject learning, sedangkan siswa sebagai object learning.Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kuasi eksperimen (quasy
eksperimen) menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group,
melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan kelas
dilakukan menggunakan uji homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan
harian pada bab sebelumnya. Data yang diuji terbukti heterogen sehingga
pemilihan kelas dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan nilai
rata-rata yang hampir sama, sehingga diperoleh kelas X-IPS 3 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-IPS 2 sebagai kelas kontrol, perbedaan kedua kelas
tersebut adalah perlakuan (treatment) yang diberikan yaitu kelas eksperimen akan
menggunakan model pembelajaran REACT dengan berbantuan media Google
Earth, sedangkan kelas kontrol mendapatkan perlakuan dengan menggunakan
model konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-test.
Setelah sampai tahap uji menggunakan T-test, data yang telah diperoleh
menunjukkan bahwa hasil Posttest kemampuan berpikir spasial siswa
menunjukkan angka .sig 0,000. Angka tersebut menunjukkan di bawah 0,05.
Artinya, berdasarkan dasar pengambilan keputusan, jika .sig kurang dari 0,05
maka terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran REACT berbasis
media Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran REACT berbasis
media Google Earth berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan
berpikir spasial siswa, sehingga model pembelajaran REACT dapat digunakan
sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial
siswa dengan berbantuan media sebagai pendukung pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si.
Dosen Pembimbing Anggota : Muhammad Asyroful Mujib, S. Pd., M. Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) | en_US |
dc.subject | MEDIA GOOGLE EARTH | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbasis Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Muhammad Asyroful Mujib, S. Pd., M. Sc. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-27 Desember 2022 | en_US |