dc.contributor.author | PUTRI, Nadia Septiana | |
dc.date.accessioned | 2023-03-20T08:36:05Z | |
dc.date.available | 2023-03-20T08:36:05Z | |
dc.date.issued | 2021-04-29 | |
dc.identifier.nim | 140910201047 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113244 | |
dc.description.abstract | Kualitas Pelayanan e-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Banyuwangi merupakan hal menarik untuk diteliti. Peneliti mengambil
study kasus ini karena pelayanan e-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Banyuwangi dapat selesai kurang dari 2 jam dengan realisasi
89,09% melebihi batas target yakni 80%. Hal ini sesuai dengan Laporan
Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Banyuwangi tahun 2017.
Berdasarkan pada temuan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti
pada pelayanan e-ktp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Banyuwangi masih ada beberapa orang yang mengatakan pelayananya kurang
baik. Hal ini sesuai hasil wawancara dengan beberapa informan dan memperoleh
keterangan tentang kepuasan dan keluhan yang dialami masyarakat mengenai
kecepatan dan ketepatan saat memberikan pelayanan administrasi di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Wujud penelitian
ini diharapkan akan memeberikan masukan kepada pihak-pihak Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi untuk lebih memperbaiki
kekurangan dalam pelayanan e-KTP.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, observasi, teknik angket, dan studi dokumen. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif melalui perhitungan presentase dan sistem skor
dari variabel kualitas pelayanan. Menurut Zeithhaml, dkk (dalam Tjiptono
2008:95) untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dirasakan secara nyata oleh
konsumen, terdapat indikator ukuran kepuasan konsumen yang terletak pada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible (bukti langsung), reliability
(kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empaty
(empati). Untuk mengetahui bagaimana jawaban responden dalam
angket/kuesioner yang diberikan, penulis menggunakan Skala Likert yang
digunakan untuk mengukur sikap dan pendapat seseorang. Data angket/kuesioner
yang didapat akan dianalisis secara deskriptif presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan e KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi
sudah berjalan sangat baik (sangat berkualitas), hal ini dapat dilihat dengan
jumlah rata-rata rekapitulasi persentase pada kelima dimensi yakni 79,47%
melebihi nilai ukuran yang ditentukan. Dimensi keandalan (reliability) kualitas
pelayanannya sangat baik atau bisa dikatakan sangat berkualitas karena berada di
atas 75% yaitu dengan perolehan presentase 81,6%. Kemudian untuk dimensi
berwujud (tangibles) yang mendapatkan persentase 87,5% dengan kategori sangat
berkualitas.
Dari kelima dimensi pelayanan di atas yang mendapat persentase paling
rendah yaitu pada dimensi daya tanggap (responsiveness) dan dimensi keyakinan
(assurance) yaitu dengan persentasenya 74,5% dan 76,56% dengan kategori
berkualitas sedangkan dimensi perhatian (emphaty) memperoleh persentase
77,19% dengan kategori sangat berkualitas. Daya tanggap untuk keyakinan dan
perhatian merupakan salah satu wujud kepedulian dalam memperhatikan orang
lain. Dalam tabel diatas dimensi daya tanggap (responsiveness) dan dimensi
keyakinan (assurance) tersebut mendapatkan persentase terendah tapi tetap masuk
pada kategori berkualitas, karena masih ada beberapa responden yang mengatakan
bahwa perhatian dan kepedulian pegawai cukup baik | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Kualitas Pelayanan | en_US |
dc.subject | E-Ktp | en_US |
dc.subject | Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil | en_US |
dc.title | Kualitas Pelayanan E-Ktp Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi | en_US |
dc.title.alternative | (Service Quality e ID Card of the Population and Civil Registration Service of Banyuwangi Regency) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Administrasi Negara | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Rachmat Hidayat, S. Sos., M.Si., M.PA., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D | en_US |
dc.identifier.validator | Yd | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |