Show simple item record

dc.contributor.authorKHOLIL, Wardatul Kamilah
dc.date.accessioned2023-03-20T03:23:38Z
dc.date.available2023-03-20T03:23:38Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.citationUniversitas Jemberen_US
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.citationUniversitas Jember
dc.identifier.nim180210102025en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113125
dc.description.abstractFisika adalah mata pelajaran yang cukup kompleks. Siswa diwajibkan untuk menguasai konsep-konsep fisika dan menerapkannya untuk memecahkan suatu permasalahan fisika sehingga siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis. Ada beberapa cara bagi guru dan peneliti untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar yaitu penggunaan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dimana model pembelajaran ini merupakan salah satu pendekatan yang bertujuan untuk memotivasi siswa supaya saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai kemampuan yang diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika siswa SMA, (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arjasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA. Sampel diambil setelah dilakukan uji homogenitas. Design penelitian yang digunakan adalah post-test only control grup design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat-alat optik. Berdasarkan uji normalitas data keterampilan berpikir kritis, didapatkan hasil signifikansi pada kelas kontrol sebesar 0,000 sedangkan pada kelas eksperimen didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,015 dan dapat dikatakan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan, maka dapat disimpulkan kelompok data tersebut tidak terdistribusi dengan normal, sehingga pengujian statistik dilakukan menggunakan uji non parametric test Mann-Whitney U. Berdasarkan uji non parametric test Mann-Whitney U didapatkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002. Nilai 0,002 < 0,05 sehingg H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian pada Tabel 4.5 dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas control, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Selanjutnya, berdasarkan uji normalitas data hasil belajar didapatkan hasil signifikansi pada kelas kontrol sebesar 0,000 sedangkan pada kelas eksperimen didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,000 dan dapat dikatakan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan, maka dapat disimpulkan kelompok data tersebut tidak terdistribusi dengan normal, sehingga pengujian statistik dilakukan menggunakan uji non parametric test Mann-Whitney U. Berdasarkan uji non parametric test Mann-Whitney U didapatkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai 0,000 < 0,05 sehingg H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian pada tabel 4.7 dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan penelitian ini adalah (1) ada pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika siswa SMA, (2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar fisika siswa SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Subiki, M.Kes Dosen Pembimbing Anggota : Firdha Kusuma Ayu, S.Si., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)en_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectALAT-ALAT OPTIKen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optiken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Firdha Kusuma Ayu Anggraeni, S.Si., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung-2 Januari 2023en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record