dc.description.abstract | Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih belum memahami
materi yang disampaikan oleh guru. Walaupun metode yang digunakan guru
sudah bervariasi tetapi siswa masih belum dapat menyerap semua pelajaran
tersebut secara maksimal. Siswa juga tidak memiliki buku literatur untuk
menunjang kegiatan belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, media
yang digunakan oleh peneliti yaitu berupa media lembar balik (flip chart). Media
lembar balik merupakan beberapa lembar kertas karton yang berisikan pesan atau
materi pembelajaran dengan dilengkapi beberapa gambar penunjang. Penelitian
ini diterapkan pada materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, materi
tersebut terdapat pada muatan IPA tema 7 kelas V KD 3.7 dan 4.7.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah di dalam kelas serta
mencobakan hal-hal baru demi peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan dengan cara individual, artinya peneliti berperan
langsung dalam melakukan penelitian di dalam kelas. Strategi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa
kelas VB semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak
25 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dilakukan dengan
menggunakan media lembar balik (flip chart) dalam proses pembelajaran. Jika
hasil pada siklus I belum memenuhi kriteria, perlu dilakukan refleksi untuk
mengkaji keseluruhan tindakan yang telah dilakukan pada siklus I. Pada siklus
selanjutnya dilakukan dengan memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya,begitu seterusnya hingga hasil yang diharapkan tercapai. Siklus yang akan
dipergunakan dalam penelitian mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Selanjutnya diadakan perencanaan kembali yang
merupakan dasar untuk memecahkan masalah.
Diperoleh hasil belajar afektif pada kegiatan prasiklus 55,6 dengan kategori
kurang, siklus I sebesar 65,76, dan siklus II sebesar 73,56, sehingga kegiatan
prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,16, dari siklus I ke siklus
II mengalami peningkatan sebesar 7,8. Hasil belajar kognitif siswa pada kegiatan
prasiklus sebesar 71,84, siklus I sebesar 73,80 dan siklus II sebesar 78,16,
sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 1,96,
dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,36. Hasil belajar
psikomotorik siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 60,8, siklus I sebesar 65,12,
dan siklus II sebesar 74,2, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami
peningkatan sebesar 4,32, dari siklus I ke siklus II mengalami penigkatan sebesar
9,1. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lembar balik (flip
chart) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tanggul Wetan 02
Jember tema 7 subtema 1 pokok bahasan peristiwa dalam kehidupan. | en_US |