dc.contributor.author | ASRI, Nur | |
dc.date.accessioned | 2023-03-15T08:15:10Z | |
dc.date.available | 2023-03-15T08:15:10Z | |
dc.date.issued | 2022-07-06 | |
dc.identifier.nim | 180210103076 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112895 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas LKPD berbasis STEMtopik jenis-jenis interaksi makhluk hidup terhadap keterampilan berpikir kritis siswa biologi SMA di kawasan perkebunan kopi dan untuk mengetahui persepsisiswa terhadap LKPD berbasis STEM tentang jenis-jenis interaksi makhluk hidup yang ada di perkebunan kopi dalam pembelajaran biologi SMA. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan menggunakan desain Intact Group Comparison. Penelitian ini dilakukan di SMAN Mumbulsari dengan subjek penelitin yaitu kelas X MIPA 1
dan X MIPA 4. Kelas eksperimen menggunakan LKPD berbasis STEM topik jenisjenis interaksi makhluk hidup yang ada di perkebunan kopi sedangkan kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, angket, kuesioner, dokumentasi, dan tes. menggunakan LKPD non-STEM. Metode analisis data secara deskriptif dan statistik SPSS Uji Mann Whitney Test untuk keterampilan berpikir kritis dan analisis deskriptif berupa kategorisasi dan persentase untuk persepsi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM topik jenis-jenis interaksi makhluk hidup bersumber perkebunan kopi efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata keseluruhan aspek pada kelas eksperimen sebesar
65,56 dengan kriteria tinngi, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 46,07 dengan kriteria rendah. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Mann Whitney Test mendapatkan nilai (Sig.=0,00<0,05). Sementara itu, hasil dari persepsi siswa secara keseluruhan menunjukkan persepsi positif pada siswa biologi SMA; pada indikator pendapat umum mayoritas tentang perasaan (81%), indikator ketertarikan menunjukkan tertarik (96%), dan indikator kesulitan menunjukkan tidak mengalami kesulitan (56%)
dalam kegiatan pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Berpikir kritis | en_US |
dc.subject | LKPD Berbasis STEM | en_US |
dc.subject | Persepsi siswa | en_US |
dc.subject | Perkebunan kopi | en_US |
dc.title | Efektivitas Lkpd Berbasis Stem Topik Jenis-Jenis Interaksi Makhluk Hidup Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Persepsi Siswa Biologi Sma Di Kawasan Perkebunan Kopi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan MIPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Suratno, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.validator | Arin | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi unggah file repository tanggal 15 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |