| dc.contributor.author | SARI, Fitria Novita |  | 
| dc.date.accessioned | 2023-03-15T07:13:30Z |  | 
| dc.date.available | 2023-03-15T07:13:30Z |  | 
| dc.date.issued | 2022-08-04 |  | 
| dc.identifier.nim | 180210104002 | en_US | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112877 |  | 
| dc.description.abstract | Pembelajaran IPA merupakan proses membantu siswa mengembangkan 
kompetensi pemahaman ilmiah melalui kegiatan mengamati, merumuskan 
masalah, membuat hipotesis, menganalisis, menyimpulkan dan menerapkan dalam 
kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran IPA tidak hanya berisi tentang 
pengetahuan yang dihafal melainkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara 
aktif dalam memperlajari fenomena alam sekitar. Salah satu fenomena IPA yang 
dipelajari yaitu struktur dan fungsi tumbuhan. Materi ini berisi tentang bagian 
yang menyusun suatu tubuh tumbuhan beserta fungsi yang dimilikinya untuk 
tumbuhan saat melaksanakan tahapan kehidupan. Proses pemahaman konsep 
mengenai materi ini diperlukan proses pembelajaran yang menekankan siswa 
belajar melalui pengamalan langsung, sehingga dengan pengalaman itu siswa 
dapat merasakan pembelajaran bermakna, namun fakta di lapangan pembelajaran 
IPA masih bersifat teacher center (berpusat pada guru), sehingga hal ini akan 
membuat siswa kurang memiliki kesempatan mengembangkan kemampuan 
berpikir dan keterampilan abad 21, maka perlu adanya solusi dari hal tersebut. 
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diberikan alternatif solusi yaitu 
penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Tujuan dari penelitian ini 
yaitu: 1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap 
keterampilan kolaborasi siswa IPA di SMP dan 2) mengkaji pengaruh model 
pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa IPA 
di SMP. 
 Jenis penelitian yang digunakan yakni Quasi Eksperiment Design dengan 
desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan 
di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso pada semester ganjil Tahun Ajaran
2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling 
berdasarkan kriteria tertentu diperoleh dua kelas dimana satu kelas sebagai 
eksperimen yaitu kelas VIII A dan satu kelas kontrol yaitu VIII C. Pada kelas 
eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, 
sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan model pembelajaran 
konvensional dengan metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, 
wawancara, angket dan dokumentasi serta menggunakan analisis data teknik uji t 
berbantuan SPSS 22. 
 Hasil penelitian pada hipotesis pertama diperoleh data yang berdistribusi 
normal dan homogen, selanjutnya pengujian menggunakan uji parametrik yakni 
uji Independent Sample T-test. Setelah melakukan uji Independent Sample T-test 
maka diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) atau p-value sebesar 0,000 < 0,05 
sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penerapan model 
pembelajaran Learning Cycle 7E berpengaruh signifikan terhadap keterampilan 
kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi 
tumbuhan. Selanjutnya hasil penelitian pada hipotesis kedua diperoleh data 
berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji parametrik yakni uji 
Independent Sample T-test. Hasil tersebut menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-
tailed) atau p-value sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 
Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam 
pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. 
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) 
terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E
pada materi struktur dan fungsi tumbuhan terhadap keterampilan kolaborasi siswa. 
(2) terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 
7E pada materi struktur dan fungsi tumbuhan terhadap kemampuan berpikir kritis 
siswa. | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US | 
| dc.subject | Learning Cycle 7E | en_US | 
| dc.subject | Materi Struktur | en_US | 
| dc.subject | Fungsi Tumbuhan | en_US | 
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa IPA SMP | en_US | 
| dc.type | Skripsi | en_US | 
| dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Indrawati, M.Pd. | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing2 | Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd. | en_US | 
| dc.identifier.validator | Arin | en_US | 
| dc.identifier.finalization | Finalisasi unggah file repository tanggal 15 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |