dc.contributor.author | RAMADHAN, Dhimas Millen | |
dc.date.accessioned | 2023-03-15T01:43:34Z | |
dc.date.available | 2023-03-15T01:43:34Z | |
dc.date.issued | 2023-01-26 | |
dc.identifier.nim | 181910201068 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112796 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Maret 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Robot tangan penelitian kali ini menggunakan sensor EMG myoware untuk
menangkap aktivitas otot, dan rotary encoder untuk mendeteksi gerakan dari robot.
Kedua sensor tersebut akan dijadikan parameter konsol permainan komputer.
Permainan ini dirancang dengan pola permainan memindahkan bola, sensor EMG
myoware digunakan sebagai parameter konsol untuk melakukan genggaman untuk
mengambil dan melepaskan pada bola. Dan untuk rotary encoder digunakan untuk
konsol menggerakan objek tangan pada permainan.
EMG (electromyography) merupakan instrumentasi berbasis bioelektrik
dengan mengidentifikasi sebuah sinyal yang dihasilkan oleh aktivitas gerak otot.
Electromyography atau EMG merupakan sebuah proses deteksi, perekaman,
analisis dan pemanfaatan aktivitas elektrik yang terjadi ketika otot melakukan
kontraksi dan relaksasi. Otot yang diidentifikasi yakni jenis otot gerak, otot gerak
adalah otot yang berfungsi untuk menggerakkan rangka badan, otot gerak
merupakan jenis otot lurik dimana kerja otot lurik berkontraksi atau bekerja atas
kesadaran manusia. Secara umum kerja otot gerak yaitu dimulai dari adanya
rangsangan berasal dari otak dan disalurkan melalui syaraf. Nilai keluar dari sensor
ini akan dilakukan thresholding yaitu metode untuk membatasi suatu nilai dengan
nilai. Nilai threshold pada penelitian ini digunakan untuk membuat logika
sederhana yaitu ketika nilai sensor melebihi nilai threshold maka kondisi ini di
logikakan bahwa terdapat suatu kontraksi otot pengguna yaitu dengan cara
melakukan genggaman pada tangan yang terpasang sensor emg myoware, lalu
logika inilah yang dijadikan logika untuk memerintahkan motor linier untuk
membuat gerakan robot menggenggam, dan sebaliknya.
Penelitian ini juga menggunakan rotary encode untuk membaca arah
gerakan robot tangan. Rotary encoder yang digunakan terdapat dua buat rotary
yakni rotary encoder sumbu X dan rotary encoder sumbu Y. rotary encoder pada
setiap sumbu memiliki daerah gerakan yang berbeda antara lain rotary encoder sumbu X akan bekerja dengan daerah kerja horizontal kekanan dan kiri, sedangkan
sumbu Y akan bekerja pada daerah vertikal yaitu atas dan bawah. Data dua buah
rotary encoder ini dibuat sederhana yaitu dengan membuat dua pengenalan antara
lain rotary encoder berputar searah jarum jam dan berputar berlawanan arah jarum
jam. Logika sederhana ini akan dibuat dengan nilai angka agar mudah dalam
pembacaannya jadi ketika rotary berputar berlawanan arah jarum jam maka rotary
akan bernilai 1, dan ketika rotary encoder berputar searah jarum jam maka bernilai
2. Desain pergerakan robot akan menggunakan roda omni dimana roda tersebut
sangat memudahkan pergerakan robot ke berbagai arah. Roda inilah yang akan
dipasang kan dengan rotary encoder
Dilakukan pengujian antara lain, pengujian kekuatan genggaman dengan
satuan KG yang akan di baca oleh sensor EMG myoware, pengujian pergerakan
robot dari pembacaan rotary encoder. Dan pengujian permainan dengan konsol dari
dua sensor tersebut. Hasil dari pengujian pertama yaitu kekuatan genggaman
terkuat yaitu sebesar 27,2 KG dengan nilai sensor 364 melebihi nilai threshold
sebesar 300 dan respon robot menggenggam kemudian pada posisi rileks nilai EMG
myoware tidak benar benar nilainya 0 (nol). Kemudian pengujian rotary encoder
ketika robot digerakan ke kanan dan ke kiri maka rotary encoder yang bekerja yaitu
rotary sumbu X dengan nilai 1 ke kiri dan 2 ke kanan. Pada pengujian terakhir yaitu
pengujian permainan dengan dua sensor sebagai konsol, pada pengujian EMG
myoware sebagai konsol permainan didapatkan hasil ketika nilai sensor EMG
myoware melebihi nilai threshold maka kondisi ini diterjemahkan ke python untuk
mefungsikan keyboard “M” untuk kontrol permainan mengambil bola. Dan berlaku
sama untuk kontrol permainan melepaskan bola. Kemudian pada pengujian rotary
encoder sebagai konsol permainan didapatkan hasil ketika robot digerakan kekanan
maka sensor yang bekerja yakni rotary encoder sumbu X dan bernilai 2 maka
kondisi ini akan dikirimkan ke python untuk mefungsikan keyboard “D”, dan
respon objek permainan juga kekanan. Maka dari semua pengujian didapatkan
kinerja robot yang sesua | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Ali Rizal Chaidir S.T.M.T
Dosen Pembimbing Anggota : Ir. Khairul Anam, ST.,MT., Ph.D | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | RANCANG BANGUN ROBOT TANGAN KANAN | en_US |
dc.subject | EMG MYOWARE | en_US |
dc.subject | PERMAINAN KOMPUTER | en_US |
dc.title | Rancang Bangun Robot Tangan Kanan Berbasis EMG Myoware dengan Permainan PC | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 teknik elektro | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ali Rizal Chaidir, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ir. Khairul Anam, S.T., M.T., Ph.D., IPM. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-9 Februari 2023 | en_US |