Show simple item record

dc.contributor.authorPRASETYO, Agil
dc.date.accessioned2023-03-14T07:10:04Z
dc.date.available2023-03-14T07:10:04Z
dc.date.issued2023-01-24
dc.identifier.nim180210204098en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112770
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Maret 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKegiatan menulis merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan karena seseorang yang melakukan kegiatan menulis harus dapat menyampaikan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Keterampilan menulis perlu diajarkan kepada peserta didik Sekolah Dasar (SD) agar peserta didik mampu menguasai keterampilan menulis dengan baik. Pembelajaran keterampilan berbahasa tujuannya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, meningkatkan kemampuan dalam mengungkapkan gagasan, perasaan, serta pendapat tentang suatu peristiwa. Pada kurikulum 2013 (K13) tema 6 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV, terdapat KD 3.6 menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan dan KD 4.6 melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. Keterampilan menulis puisi peserta didik di SD masih mengalami kesulitan dalam tata cara penulisan puisi. Selain itu, minimnya kosakata dan kemampuan peserta didik dalam mengolah kata masih kurang. Puisi yang cocok digunakan dan telah dikenal yaitu puisi dengan teknik akronim. Dalam ragam puisi terdapat puisi anak, salah satunya puisi akrostik. Untuk menjangkau imajinasi anak yang lebih kompleks seorang guru dapat mensiasati proses pembelajaran puisi dengan memberikan bahan ajar yang asyik dan mudah diterima oleh peserta didik, seperti menggunakan bantuan lembar kerja peserta didik (LKPD). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah validitas LKPD melalui pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember?; 2) Bagaimanakah efektivitas hasil pengembangan LKPD melalui pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui validitas LKPD melalui pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi terhadap peserta didik kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember; 2) untuk menguji efektivitas LKPD melalui pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi terhadap peserta didik kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan research and development). Sumber data yaitu siswa kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember. Proses yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi serta wawancara terhadap guru kelas IV A SDN Klompangan 02 Jember tentang proses pembelajaran yang dilakukan selama ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, validasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu analisis data hasil validasi LKPD, efektivitas hasil LKPD, dan persentase respon peserta didik. Berdasarkan analisis penilaian, dari validator ahli yaitu Dosen PGSD FKIP Universitas Jember (Bapak Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis. dan Ibu Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.) dapat diketahui bahwa nilai validitas LKPD Kontekstual adalah 94,2% yang mana termasuk ke dalam kategori sangat valid, sehingga produk LKPD kontekstual dapat digunakan. Kesimpulannya adalah validitas LKPD pada materi menulis puisi mendapatkan hasil pada validasi ahli materi, bahasa, dan desain sebesar 94,2%, dengan demikian hasil produk LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik kelas IV pada materi yang berkaitan. Kefektifitasan LKPD yang telah dibuat dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan pada pre-test dan post-test peserta didik, rata-rata N-gain kelas IV A SDN Klompangan 02 sebesar 0,68 dan termasuk kategori sedang. Sehingga, penggunaan LKPD Kontekstual yang dipakai dapat dikatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didiken_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Drs. Hari Satrijono, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN LKPDen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KONTEKSTUALen_US
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS PUISIen_US
dc.titlePengembangan LKPD Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas IV A SDN Klompangan 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-7 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record