Show simple item record

dc.contributor.authorAPRILIANTI, Helda Nur
dc.date.accessioned2023-03-14T03:17:44Z
dc.date.available2023-03-14T03:17:44Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.nim180210101082en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112743
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 14 Maret 2023en_US
dc.description.abstractKemampuan literasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan menggunakan konsep, prosedur, fakta dan penalaran yang dimiliki setiap siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang lebih kontekstual. Hasil survei PISA yang diselenggarakan oleh OECD menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Faktor rendahnya kemampuan literasi matematika disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada konsep matematika dan cenderung hanya menghafalkan rumus saja, sehingga ketika siswa dihadapkan dengan soal yang bervariasi dan baru ditemui siswa akan bingung dan menganggap soal matematika sulit. Sehingga perlu adanya kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan hingga menerapkan pengetahuannya dalam situasi baru yang dikenal dengan High Order Thinking Skills (HOTS). Kemampuan literasi matematika seorang siswa dapat diukur menggunakan soal HOTS sebab menuntut siswa berpikir secara kritis, kreatif dan bernalar dalam memecahkan masalah. Setiap individu tentu memiliki pola pikir yang berbeda-beda dengan individu lainnya. Perbedaan antar individu dalam menyusun serta mengolah informasi ini dikenal dengan gaya kognitif. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Jember dengan subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa gaya kognitif field dependent dan 2 siswa gaya kognitif field independent. Subjek pada penelitian ini dipilih berdasarkan hasil tes GEFT yang dilihat dari skor tertinggi dan hasil pekerjaan siswa dalam menjawab soal HOTS. Dari data yang telah diperoleh, menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa antara gaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal HOTS terdapat perbedaan. Pemenuhan indikator yang dicapai oleh siswa field dependent berbeda dengan siswa field independent. Pada penelitian ini menggunakan 3 proses matematisasi yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan memperhatikan kesesuaian siswa sebagai subjek penelitian yang mewakili kedua tipe gaya kognitif dan dilihat dari indikator literasi matematika yaitu merumuskan masalah secara matematis (formulate), menerapkan konsep, fakta prosedur, dan penalaran (employ), dan menafsirkan (interpret & evaluate). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS. Siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menggunakan semua indikator dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang disajikan. Siswa field independent lebih rinci dalam menyelesaikan suatu permasalahan hingga dapat menyimpulkan jawaban akhir yang dikaitkan kembali sesuai dengan masalah kontekstual.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S. Dosen Pembimbing II Randi Pratama M, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN LITERASIen_US
dc.subjectMATEMATIKAen_US
dc.subjectKOGNITIF FIELD DEPENDENTen_US
dc.titleKemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independenten_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-20 Desember 2022en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record