dc.description.abstract | Di dalam silabus terdapat materi-materi fisika yang membutuhkan
peralatan laboratorium fisika untuk dapat melaksanakan kegiatan belajar
mengajar. Keberhasilan pembelajaran di sekolah tidak hanya tergantung dari
baiknya rumusan silabus, melainkan perlu didukung oleh tersedianya sarana dan
prasarana yang memadai khususnya peralatan laboratorium fisika.
Keberadaan laboratorium fisika dan mata pelajaran Fisika merupakan
bagian yang tak terpisahkan, maka peralatan yang ada di laboratoriumpun juga
akan mempengaruhi tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran di sekolah.
Berkaitan dengan pentingnya sarana laboratorium Fisika yang mencangkup
peralatan laboratorium fisika di dalamnya dalam menunjang pembelajaran Fisika,
maka pemanfaatan peralatan laboratorium Fisika di SMA perlu dijadikan fokus
untuk dikaji.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji kebutuhan peralatan
laboratorium berdasarkan kebutuhan silabus Fisika kelas X dan XI di SMA
Negeri Kabupaten Banyuwangi Wilayah Selatan-Barat. (2) untuk mengkaji
potensi peralatan laboratorium fisika dalam Mendukung Pelaksanaan
Pembelajaran Fisika kelas X dan XI di SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi
Wilayah Selatan-Barat dan (3) untuk mengkaji pemanfaatan peralatan
laboratorium fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika kelas X
dan XI di SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi Wilayah Selatan-Barat.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pada penelitian ini tempat
penelitian yang ditetapkan adalah SMA Negeri 1 Pesanggaran, SMA Negeri 1
Purwoharjo dan SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai
tanggal 1 Juni 2012 sampai dengan 16 Juni 2012. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
didapatkan adalah silabus kelas X dan XI, Hasil wawancara dengan guru mata
pelajaran dan siswa tentang pemanfaatan peralatan laboratorium dan hasil
observasi peralatan laboratorium. Pada SMA Negeri 1 Purwoharjo, Pesanggaran
dan Gambiran peralatan laboratorium fisika yang diperlukan minimal 10
peralatan. Potensi peralatan laboratorium fisika yang terdapat pada SMA Negeri
1 Purwoharjo dalam mendukung kebutuhan pelaksanaan pembelajaran fisika pada
kelas X dan XI adalah sebesar 77,395% dan 69,25%. Hal ini menunjukkan
bahwa potensi peralatan yang ada di SMA Negeri 1 Purwoharjo dapat dikatakan
memiliki potensi yang besar. Sedangkan potensi peralatan laboratorium pada
SMA Negeri 1 Pesanggaran adalah sebesar 79,14% dan 60,43 %, sehingga dapat
dikatakan bahwa pada SMA Negeri 1 Pesanggaran memiliki potensi yang cukup
dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran fisika. Pada SMA Negeri 1
Gambiran potensi peralatan laboratorium fisika dalam mendukung pelaksanaan
laboratorium fisika sebesar 27,2% dan 28,8 %.
Pemanfaatan peralatan pada SMA Negeri 1 Purwoharjo sebesar 29,45 %
dan 68,55%. Sedangkan pemanfaatan peralatan laboratorium fisika di SMA
Negeri 1 Pesanggaran sebesar 28,81 % dan 40,36% dan pada SMA Negeri 1
Gambiran pemanfaatan peralatan pada SMA Negeri ini sebesar 11,805% dan 0 %.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peralatan laboratorium
fisika dan jumlah peralatan laboratorium fisika yang diperlukan dalam memenuhi
kebutuhan silabus berbeda-beda antara SMA Negeri 1 Purwoharjo, SMA Negeri 1
Pesanggaran dan SMA Negeri 1 Gambiran. Di SMA Negeri Kabupatan
Banyuwangi wilayah Selatan-Barat memiliki potensi yang cukup dalam
mendukung pelaksanaan pembelajaran fisika pada kelas X dan kelas XI sebesar
57,03% sedangkan pemanfaatan peralatan laboratorium fisika masih sangat
rendah dan belum dimanfaatkan secara optimal dalam mendukung pelaksanaan
pembelajaran fisika kelas X dan XI yaitu sebesar 29,82%. | en_US |