STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PADA INDOMOBIL FINANCE JEMBER
Abstract
Indomobil Finance Jember merupakan cabang dari PT. Indomobil Finance
Indonesia (IMFI) yang bergerak dibidang usaha Consumer Finance, Leasing dan
Factoring dengan prioritas pada kendaraan bermotor (mobil dan motor) produk
indomobil group. Indomobil Finance Jember tidak memiliki divisi khusus untuk
Public Relations melainkan melekat pada karyawan yang berhubungan langsung
dengan khalayak eksternal. Strategi public relations dibagi menjadi dua bagian
yaitu strategi jangka panjang dan strategi jangka pendek. Strategi yang dilakukan
untuk mempertahankan citra perusahaan dimata khalayak eksternal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi public
relations dalam mempertahankan citra perusahaan pada Indomobil Finance
Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan paradigma kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian yang dilakukan
oleh peneliti dengan snowball sampling. Tahap pengumpulan data primer dalam
penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan pengumpulan data sekunder dengan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis domain dan taksonomi.
Tahap penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan metode induktif.
Hasil dari penelitian ini yaitu Strategi jangka panjang dan strategi jangka
pendek. Strategi jangka panjang yaitu dengan membuat program pendekatan
emosional dan program kerjasama dengan dealer. Strategi jangka pendek yaitu
dengan membuat program sharing promosi dan gathering konsumen. Evaluasi
strategi melalui tiga tahap yaitu evaluasi tahap persiapan, evaluasi tahap
pelaksanaan dan evaluasi tahap dampak. Selama ini strategi yang dilakukan cukup
baik dengan dibuktikan banyaknya dealer yang menjadi rekan kerja serta persepsi
positif dari konsumen dan sales dealer.