• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TI SMK PGRI 05 JEMBER PADA SUB POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI

    Thumbnail
    View/Open
    Dody Kurniawan_001.pdf (171.0Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    DODY KURNIAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan pembelajaran di SMK PGRI 05 Jember berdasarkan wawancaara dengan guru bidang studi matematika pada umumnya guru masih mendominasi sehingga peserta didik hanya menerima materi pelajaran secara pasif. Guru juga menyatakan sampai saat ini pelajaran matematika masih menjadi mata pelajaran yang sulit bagi siswa, mulai dari konsep, rumus, ataupun penerapannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar sebagian besar siswa yang belum mencapai batas tuntas pelajaran matematika, dimana rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Standar Ketuntasan Mininal (SKM) yang digunakan yakni dengan skor rata-rata 66 dari SKM 70 ( tersaji pada lampiran 27). Selama ini guru menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk pengembangan pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berpartisipasi aktif adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Salah satu tipe dalam model pembelajaran kooperatif adalah Think-pair-share (TPS). Dalam model pembelajaran kooperatif tipe TPS, terdapat tiga tahapan yaitu: thinking (berpikir), pairing (berpasangan), dan sharing (berbagi). Secara teoritis pembelajaran koopertif tipe TPS adalah model pembelajaran yang cocok diterapkan pada pembelajaran matematika terutama pada sub pokok bahasan limit fungsi, karena sesuai dengan kondisi siswa Kelas XII TI SMK PGRI 05 Jember, yaitu siswa akan lebih terbuka dalam bekerjasama dan mengemukakan pendapat/ide-ide mereka dengan teman sejawat tanpa ada rasa malu ataupun enggan dalam menyelesaikan tugasnya. Permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, bagaimana aktivitas peserta didik dan ketuntasan belajar peserta didik, sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipt think pair share terhadap aktivitas peserta didik dan ketuntasan belajarnya. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TI SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 peserta didik dengan rincian 17 peserta didik laki-laki dan 23 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 03 hingga 08 Januari 2011. Pelaksanaan siklus I dan II tidak jauh berbeda. Hal itu karena pada siklus I ketuntasan belajar peserta didik mampu mencapai 82,5% dan pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan yang nantinya mampu menunjang ketuntasan belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berupa hasil observasi aktivitas peserta didik sedangkan data kuantitatif berupa nilai dari penilaian LKS, dan tes akhir siklus. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan aktivitas individu cenderung mengalami peningkatan di setiap pembelajaran. Persentase aktivitas mengenai thinking secara individu adalah 73,333% baik pada pembelajaran siklus I maupun siklus II. Persentase aktivitas pairing adalah 90,8333% pada siklus I dan 91,666% pada siklus II, persentase aktivitas sharing adalah 89,1666% pada siklus I dan 90,8333% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,5%. Ketuntasan belajar peserta didik sebelum pelaksanaan siklus adalah 80% dan mencapai 82,5% pada siklus I, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 85%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11230
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository