ANALISIS EKUITAS MEREK PEMBALUT WANITA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek pembalut wanita
pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember melalui
elemen-elemen utama ekuitas merek. Penelitian dilakukan di lingkungan Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember yang mengambil responden
mahasiswa sebanyak 95 sampel dari 1816 jumlah mahasiswi S0-S1 aktif heregistrasi
tahun 2010/2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengukuran analisis ini menggunakan tabel frekuensi
dengan skala pengukuran menggunakan skala ordinal. Penarikan kesimpulan ini
menggunakan metode deduktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat
umum ke hal-hal yang bersifat khusus.
Kesimpulan penelitian ini adalah kesadaran merek bahwa merek Charm
mencapai kesadaran puncak pikiran (top of mind) di kalangan mahasiswa Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Kesadaran merek Charm telah
menduduki peringkat pertama di benak pelanggannya dan kesadaran merek yang
paling rendah adalah merek Anion.. Elemen asosiasi merek, pada umumnya
responden mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember
mampu mengasosiasikan merek yang disukainya. Merek V-class merupakan merek
yang memiliki asosiasi tertinggi dan merek Avail merupakan merek yang memiliki
asosiasi terendah. Elemen persepsi kualitas yang diberikan oleh responden mahasiswa
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember terhadap merek pembalut
wanita yang disukai di nilai konsumen cukup baik. Merek yang mempunyai persepsi
kualitas terbaik adalah merek Nathes, V-class dan Whisper sedangkan persepsi
kualitas terburuk adalah merek Protex. Elemen terakhir yaitu loyalitas merek, Hampir
semua konsumen di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Jember sangat loyal terhadap merek pembalut wanita yang digunakannya.
Loyalitas merek tertinggi adalah merek V-class dan loyalitas terendah adalah merek
Avail. Kesimpulan secara umum dari penelitian ini adalah ekuitas merek guna
menunjukkan nilai merek di mata konsumen. Merek dianggap berhasil dalam
membangun ekuitas merek yang kuat apabila baik dalam produk, servis dan
konsumen. Ekuitas merek terkuat pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember adalah merek Charm dan ekuitas merek terendah adalah
merek Anion.