Show simple item record

dc.contributor.authorSAKTININGTYAS, Devi Ruchama’
dc.date.accessioned2023-02-14T04:02:08Z
dc.date.available2023-02-14T04:02:08Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.nim182310101141en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112112
dc.description.abstractTeknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan merupakan seperangkat teknologi yang saling terhubung untuk membantu tenaga kesehatan khususnya perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan/kesehatan kepada pasien. Adanya penggunaan teknologi digital dalam pelayanan keperawatan/kesehatan pada masa pandemi COVID-19 memberikan kemudahan dan sebagai solusi untuk mengurangi penularan COVID-19 antara tenaga kesehatan dengan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, fungsi, dan hambatan dari teknologi digital dalam menunjang pelayanan keperawatan pada masa pandemi COVID-19. Desain penelitian dalam literature review ini, telah menggunakan 5 database pencarian online, antara lain: Pubmed, ProQuest, Springer Link, Sage Journals, dan Google Scholar. Peneliti telah melakukan seleksi artikel berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi yang sesuai dengan flowchart diagram PRISMA dan terpilih 11 artikel. Adapun kriteria inklusi yaitu teknologi digital yang berfokus pada pelayanan keperawatan di rumah sakit maupun yang disediakan rumah sakit pada masa pandemi COVID-19, perawat berperan aktif atau berkontribusi dalam penggunaan teknologi digital keperawatan/kesehatan tersebut, terbit tahun 2019-2022, artikel dengan bahasa inggris, artikel full text access, dan desain Qualitative Research, Cross Sectional, Randomized Controlled Trials, A Case Report, Cohort, A Case Series, dan A Case Control. Hasil penelitian dalam literature review ini, telah melibatkan sebanyak 11 artikel, dimana sebanyak 5 artikel membahas bentuk dan fungsi teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan, 2 artikel membahas fungsi dan hambatan teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan, serta 4 artikel membahas bentuk, fungsi, dan hambatan teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan pada masa pandemi COVID-19. Tempat penelitian pada sebelas artikel tersebut berada di luar negeri yaitu di Canada sebanyak 3 artikel, Inggris sebanyak 2 artikel, Amerika Serikat sebanyak 2 artikel, dan masing-masing 1 artikel dilakukan di Belanda, Australia, Jepang, dan China. Desain penelitian dari keseluruhan artikel adalah randomized controlled trial sebanyak 2 artikel, cohort sebanyak 2 artikel, case report sebanyak 2 artikel, cross sectional sebanyak 2 artikel, qualitative research sebanyak 2 artikel, dan case series sebanyal 1 artikel. Mayoritas responden yaitu pasien dengan berbagai penyakit yang berbeda-beda. Selain itu, terdapat responden tenaga kesehatan dan juga institut layannan kesehatan yaitu rumah sakit yang memiliki minimal 1 ICU. Total keseluruhan responden yaitu 3.249 responden. Dari 3.249 responden terdiri dari berbagai macam responden. Responden pasien dengan berbagai macam penyakit yang berbeda sejumlah 1.448 responden dengan mayoritas jenis kelamin laki-laki berusia ≥33 tahun. Sedangkan, responden tenaga kesehatan sejumlah 1.558 responden dengan mayoritas jenis kelamin perempuan berusia ≥35 tahun. Jadi, total responden pasien dan tenaga kesehatan sejumlah 3.006 responden dengan mayoritas responden memiliki jenis kelamin perempuan berusia ≥33 tahun. Sedangkan, total responden non pasien dan non tenaga kesehatan berjumlah 243 responden (117 rumah sakit dengan minimal 1 ICU dan 126 tempat tidur pasien). Teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan pada masa pandemi COVID-19 dalam literature review ini dilakukan dengan menganalisis bentuk, fungsi, dan hambatan dari teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan pada masa pandemi COVID-19. Hasil analisis artikel yang telah diteliti menunjukkan bahwa terdapat berbagai bentuk teknologi digital pelayanan keperawatan atau kesehatan, dari yang sudah ada mengalami perkembangan dan yang baru muncul pada masa pandemi COVID-19. Penggunaan teknologi digital pelayanan keperawatan atau kesehatan pada masa pandemi COVID-19 tentunya memiliki fungsi yang bervariasi dan positif sebagai motivasi dalam menggunakan teknologi digital pelayanan keperawatan atau kesehatan tersebut. Penggunaan teknologi digital pelayanan keperawatan atau kesehatan pada masa pandemi COVID-19 juga memiliki beberapa hambatan yang dapat mempengaruhi proses pelayanan kesehatan menjadi tidak berjalan baik. Selain itu, adanya hambatan dapat dijadikan sebagai evaluasi dalam memperbaiki penggunaan teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan menjadi lebih baik untuk digunakan dimasa depan. Implikasi keperawatan dalam penggunaan teknologi digital untuk menunjang pelayanan keperawatan atau kesehatan di rumah sakit maupun yang disediakan oleh rumah sakit pada masa pandemi COVID-19, perawat telah berkontribusi dalam aktivitas penggunaan teknologi digital tersebut. Meskipun, perawat tidak terlibat sebagai operator dalam penggunaan teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan tersebut, namun kebermanfaatan dari teknologi digital pelayanan keperawatan/kesehatan tersebut dapat digunakan oleh perawat untuk membantu memberikan perawatan kesehatan kepada pasien secara holistik dan juga memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Selain itu, dapat memberikan upaya kuratif (pengobatan suatu penyakit) dan rehabilitatif (pemulihan atau mengembalikan fungsi tubuh kembali normal) kepada pasien.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Ns. Nurfika Asmaningrum, S.Kep., M.Kep., Ph.D Dosen Pembimbing Anggota : Ns. Kholid Rosyidi Muhammad Nur, S.Kep., MNSen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectpandemi COVID-19en_US
dc.subjectTEKNOLOGI DIGITALen_US
dc.subjectPELAYANAN KEPERAWATANen_US
dc.subjectMASA PANDEMI COVID-19en_US
dc.titleTeknologi Digital dalam Menunjang Pelayanan Keperawatan pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Reviewen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiKeperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Nurfika Asmaningrum, S.Kep., M.Kep., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Kholid Rosyidi Muhammad Nur, S.Kep., MNSen_US
dc.identifier.validatorkacung-13 Oktober 2022en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 14 Februari 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record